CONTOH RPP KURIKULUM 13 TEMA HIDUP RUKUN
—
Selasa, 01 Mei 2018
—
Add Comment
TUGAS DIKLAT KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun Oleh :
NAMA :
FAJRI SITI FAUJIAH
KELAS :
2.2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Sancang 03
Kelas /Semester :
II / 1 ( satu)
Tema /Subtema /PB :
Hidup Rukun /Hidup Rukun di Rumah /1
Alokasi waktu :
1 x pertemuan ( 5 x 35 menit )
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang di anutnya .
2. Menunjukan
prilaku jujur,tanggung jawab santun peduli dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga ,teman dan guru .
3. Memahami
pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar ,melihat membaca )dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya ,makhluk ciptaan tuhan dan
kegiatannya dan benda benda yang di jumpainya di rumah dan di sekolah .
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dalam karya yang etestis ,dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Ppkn
Kompetensi
Dasar :tuhan yang maha esa
1.1
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugrah tuhan yang maha esa di
lingkungan rumah dan sekolah .
2.1
Menunjukan prilaku toleransi kasih sayang ,jujur disiplin tanggung jawab santun
peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga teman dan guru
sebagai perwujudan .
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah .
4.3 berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan
rumah dan sekolah.
Indikator
:
3.3.1
menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasrkan jenis kelamin.
4.3.1
menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin .
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar :
1.1
Menerima anugrah tuhan yang maha esa
berupa bahasa Indonesia yang di kenal sebagai bahasa persatuan dan saran
belajar di tengah keberagaman bahasa daerah .
2.5
Memiliki prilaku santun dan jujur dalam
percakapan tentang hidup rukun kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia Lisan dan tulis
yang dapat di isi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri untuk membantu
penyajian .
3.5
Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi
kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahjaman .
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dapat di isi kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian .
Indikator:
3.3.1
Menentukan karakter setiap individu di rumah .
3.3.2
Membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang di miliki .
3.5.1
M engidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
keluarga.
4.3.1
Menulis teks buku harian tentang Kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat .
4.5.1
Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.
Matematika
Kompetensi
Dasar :
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang di anutnya .
2.1
Menunjukan sikap cermat dan teliti jujur,tertib dan mengikuti aturan ,peduli
disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas .
3.1
Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dianes (kubus satuan
).
4.1
Memprediksi pola pola bilangan sederhana menggunakan bilangan –bilangan yang
kurang dari 100.
Indikator:
3.1.1
Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dianes (kubus satuan )
3.1.2
Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok diaes (kubus
satuan )
4.1.1
Menentukan pola pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan kurang dari 100
4.1.2
Membuat pola pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
Sbdp
Kompetensi
Dasar:
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda tanda
kekuasaan tuhan
2.1
menunjukan rasa percaya diri untuk berlatih mengekpresikan diri dalam
3.2
Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama
rata dengan alat music ritmis.
4.8
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
menyanyikan lagu ruri abangku mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan
menggunakan alat music ritmis secara teliti .
2. Dengan
menggunakan alat musik ritmis ,siswa dapat
memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya
diri.
3. Dengan
menjawab pertanyaan tentang sebuah kakak laki laki dan perempuan siswa dapat
menentukan karakter setiap individu dirumah dengan teliti.
4. Dengan
kegiatan Tanya jawab ,siswa dapat membedakan setiap individu dirumah
berdasarkan karakter yang di miliki dengan teliti.
5. Dengan
buku teks harian udin , siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga
sikap hidup dalam kemajemukan keluarga denga teliti.
6. Dengan
menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf ,siswa dapat mengidentifikasi
contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan
teliti.
7. Dengan
bimbingan guru,siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan
santun dan percaya diri.
8. Dengan
menggunakan kubus satuan ,siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
9. Dengan
menggunakan kubus satuan ,siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti .
10. Dengan
mengamati deret bilangan ,siswa dapat menentukan pola pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
11. Dengan
mengamati deret bilangansiswa dapat membuat pola –pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
12. Dengan
mengamati contoh teks buku harian audindan bimbingan guru ,siswa dapat menulis
teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang dapat secara teliti.
13. Dengan
kegiatan menulis teks buku harian ,siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota
keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri .
14. Dengan
kegiatan menulis teks harian ,siswa bapat menceritakan kebersamaan dengan
anaggota akeluarga yang berbeda jenis kelamin dengana bahasa yang santun dan
percaya diri.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Mengidentifikasi
berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat music ritmis.
2. Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga .
3. Menentukan
karakter setiap individu di rumah .
4. Menyebutkan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
5. Membaca
teks permintaan maaf.
6. Memperagakan
contoh ucapan permohonan maaf
7. Membilang
sampai 500
8. Melengkapi
deret bilangan berpola +1
9. Menulis
teks buku harian .
E.
Metode
Pembelajaran
1. Metode
: penugasan ,ceramah,diskusi,Tanya jawab
2. Pendekatan
: saintifik,(mengamati, menanya amencoba menalar dan mengkomunikasikan .
F.
Media
alat dan sumber pembelajaran
1. Media
: Gambar oprasi hitung
mengguakan kubus satuan ,gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan
bilangan +1
2. Alat
:
3. Sumber
belajar :Irene ,dkk 2014 buku siswa
kelas II tema 1 “ Hidup Rukun “. Buku tematik terpadu kurikulum 2013 jakarta:
kementrian pendidikan dan kebudayaan .
G.
Langkah-LangkahPembelajaran
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan
masing-masing
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiransiswa
3.
Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menunjukkan
sebuah gambar keluarga
4.
inti yang terdiridari ayah, ibu, dan anak.
5.
Tanya jawab tentang hidup rukun di rumah
6.
Mengajak siswa untuk berdinamika dengan menyanyikan
lagu “saying semuanya”
7.
Menginformasikan tema yang akan di belajar kan yaitu
tentang “HidupRukun” dansubtema “HidupRukun Di Rumah”
|
10 Menit
|
KegiatanInti
|
1.
Menuliskan pertanyaan beserta jawaban nerdasarkan
gambar pada buku siswa .
2.
Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa
3.
Siswa menyanyikan lagu “ Ruri Abangku “ secara
bersama –sama dengan percaya diriSiswa memperhatikan guru menyanyikan lagu
“Ruri Abang ku “ sesuai ketentuan dengan menggunakan alat music ritmis
4.
Siswa di bombing memainkan alat music ritmis
5.
Siswa menyanyikan lagu “ Ruru Abang ku “ dengan
memainkan alat musik ritmisSiswa diajak menyanyikan lagu lain yang memfunyai
birama 2/4
6.
Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang
di nyanyika tersebut menggunakan alat music ritmis Siswa memainkan pola irama
pada lagu berirama 2/4 menggunkan alat musik ritmis
7.
Siswa membedakan pola irama pada lagu Ruri Abang
ku dengan lagu lain berirama 2/4 yang telah di nyanyikan tersebut
8.
Siswa membaca nyaring syair lagu
9.
Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa
10. Siswa dan guru
melakukan Tanya jawab sebutan kakak laki laki dan perempuan di daerah
setempat
Catatan:
Beberapa contoh sebutan kakak laki-laki
dan kakak perempuan di beberapadaerah:
a.
Uda adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Minang
b.
Uni adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Minang
c.
Mas
atauRakaadalahsebutankakaklaki-lakidalambahasaJawa
d.
MbakdanMbakyuadalahsebutankakakperempuandalambahasaJawa
e.
AaatauAkangadalahsebutankakaklaki-lakidalambahasaSunda
f.
TetehatauCeuceuadalahsebutankakakperempuandalambahasaSunda
g.
MpokadalahsebutankakakperempuandalambahasaBetawi
h.
Daengadalahsebutankakaklaki-lakidalambahasaMakasardan
Bali
11. siswa menyebutkan
sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalamkeluarganya
12. Siswa membaca teks buku harianUdin
13. Siswa menjawab
pertanyaan dari teks buku harian udin
14. Siswa
mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
keluarga
15. Siswa membaca
contoh ucapan permintaan maaf yang ada pada buku siswa
16. Siswa dan guru
melakukan Tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun Guru
menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa kemudian siswa
dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf
17. Siswa
memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas
18. Siswa di ajak
mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah Siswa
menghitung jumlah buku pada rak yang di amati
19. Siswa
mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa Siswa mengamati gambar
cara menghitung jumlah buku dengan menggunakan system blok dianes Siswa
bertanya tentang gambar yang telah di amati
20. Siswa
menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamatan
|
150 Menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-bersama siswa membuat kesimpulan
/rangkuman hasil belajar selama sehari
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui
hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
4.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
a.
Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya,
cara membacanya, caramelapalkannya, dsb)
b.
Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang
kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a agar besok kalau berdo’a lebih
disempurnakan.
|
15 Menit
|
H.
Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian
Sikap: Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
Penilaian
a. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
PercayaDiri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian
Pengetahuan
1) Menjawab
pertanyaan dari buku teks harian
2) Membilang
dengan menggunakan balok dienes atau kubus satuan
3) Melengkapi
bilangan barisan +1
c. Penilaian
Keterampilan
penilaian:
untuk kerja
Rubrik
menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
No
|
Kriteria
|
BaikSekali
|
Baik
|
Cukup
|
PerluBimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penguasaan lagu
|
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan
nada yang tepat tanpa bimbingan guru
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan
nada yang tepat walaupun telah dibimbingan guru
|
Menyani dengan nada yang tidak tepat walaupun
telahdibimbing guru
|
2
|
Kemampuan memainkan alat music ritmis
|
Mampu mengembangkanritmis
dari pola yang disajik
an
|
Hanya mampu memainkan
ritmis dari pola yang disajikan, tetapi tidak mampu untuk mengembangkan
|
Mengalami kesulitan
dalam meniru ritmis yang disajikan
|
Tidak mampu sama
sekali memainkan ritmis yang disajikan
|
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
1
|
Kreteria
2
|
||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
N TINTIN SUTINI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
FAJRI SITI FAUJIAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
SUSI SUSANTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
ENI SUMATNI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
JUAGIANTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
ENCEP PERMANA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian
:unjuk kerja
Rubric
penilaian memperagakan ucapan permohonan maaf
No
|
Kriteria
|
BaikSekali
|
Baik
|
Cukup
|
PerluBimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ekspresi
|
Mimic wajah dan
gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten
|
Mimic wajah dan
gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten
|
Mimic wajah dan
gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog
|
Monoton, tanpa
ekspresi
|
2
|
Lafal
|
Dialog
dilafalkan dengan tepat dan jelas
|
Ada 1-2 kata
yang kurang tepat pelafalannya
|
Lebih dari 2
kata kurang tepat pelafalannya
|
Hampir semua
kata kurang tepat pelafalnnya
|
3
|
Intonasi
|
Intonasi sesuai
dengan dialog secara konsisten
|
Intonasi sesuai
dengan dialog namun kurang konsisten
|
Intonasi tidak
sesuai dengan dialog
|
Tanpa intonasi
|
4
|
Volume Suara
|
Volume suara keras
dan jelas
|
Volume suara jelas
|
Volume suara kurang
jelas
|
Suara sangat pelan
dan tidak jelas
|
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
1
|
Kreteria
2
|
Kriteria
3
|
Kriteria
4
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
N TINTIN SUTINI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
FAJRI SITI FAUJIAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
SUSI SUSANTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
ENI SUMATNI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
JUAGIANTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
ENCEP PERMANA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian:
untuk kerja
Rubric
menulis teks buku harian
No
|
Kriteria
|
BaikSekali
|
Baik
|
Cukup
|
PerluBimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
Huruf besar, dan tanda baca
|
Menggunakanhuruf besar di awal kalimat
dan nama orang, serta menggunakantanda titik di akhir kalimat
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan
huruf besar dan tanda titik
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan
huruf besar dan tanda titik
|
Tidak satupun yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
|
2
|
Kesesuaianisiteks
yang ditulisdengantemabukuharian
|
Seruluh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah atau lebih
isi teks sesuai judul atau tema
|
Kurang dari setengah
isi teks sesuai judul atau tema
|
Semua isi teks
belum sesuai
|
3
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Terdapatlebidari 2 kata yang belum tepat
penulisannya
|
Semua kata belum tepat dalam penulisannya
|
4
|
Penggunaan kalimat
yang efektif
|
Semua kalimat menggunakankalimat
yang efektif
|
Terdapat 1-2
kalimat yang menggunakankalimat yang kurangtepat
|
Terdapat
lebihdari 2
kalimatmenggunakankalimat yang kurangefektif
|
Semuakalimatmenggunakankalimat
yang belumefektif
|
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
1
|
Kreteria
2
|
Kriteria
3
|
Kriteria
4
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
N TINTIN SUTINI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
FAJRI SITI FAUJIAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
SUSI SUSANTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
ENI SUMATNI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
JUAGIANTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
ENCEP PERMANA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Sancang ................. 2018
Kepala
Sekolah Guru
Kelas 2
Yayah Rokayah .S.Pd Fajri Siti Faujiah
NIP:196506091986032013
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 13 TEMA HIDUP RUKUN "