CONTOH RPP KURIKULUM 13 TEMA HIDUP RUKUN


TUGAS DIKLAT KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



 














Disusun Oleh :


NAMA            : FAJRI SITI FAUJIAH
KELAS           : 2.2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : SD Sancang 03
Kelas /Semester           : II / 1 ( satu)
Tema /Subtema /PB    : Hidup Rukun /Hidup Rukun di Rumah /1
Alokasi waktu             : 1 x pertemuan ( 5 x 35 menit )

A.    Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang di anutnya .
2.      Menunjukan prilaku jujur,tanggung jawab santun peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga ,teman dan guru .
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar ,melihat membaca )dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya ,makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya dan benda benda yang di jumpainya di rumah dan di sekolah .
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa  yang jelas dan logis dalam karya yang etestis ,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

Ppkn
Kompetensi Dasar :tuhan yang maha esa
1.1 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugrah tuhan yang maha esa di lingkungan rumah dan sekolah .
2.1 Menunjukan prilaku toleransi kasih sayang ,jujur disiplin tanggung jawab santun peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga teman dan guru sebagai perwujudan .
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah .
4.3 berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator :
3.3.1 menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasrkan jenis kelamin.
4.3.1 menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin .

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
1.1 Menerima anugrah  tuhan yang maha esa berupa bahasa Indonesia yang di kenal sebagai bahasa persatuan dan saran belajar di tengah keberagaman bahasa daerah .
2.5 Memiliki prilaku santun  dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia Lisan dan tulis  yang dapat di isi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri untuk membantu penyajian .
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahjaman .
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dapat di isi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian .
Indikator:
3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah .
3.3.2 Membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang di miliki .
3.5.1 M engidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian tentang Kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat .
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

Matematika
Kompetensi Dasar :
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang di anutnya .
2.1 Menunjukan sikap cermat dan teliti jujur,tertib dan mengikuti aturan ,peduli disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas .
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dianes (kubus satuan ).
4.1 Memprediksi pola pola bilangan sederhana menggunakan bilangan –bilangan yang kurang dari 100.
Indikator:
3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dianes (kubus satuan )
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok diaes (kubus satuan )
4.1.1 Menentukan pola pola bilangan sederhana  menggunakan bilangan kurang dari 100
4.1.2 Membuat pola pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100

Sbdp
Kompetensi Dasar:
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda tanda kekuasaan tuhan
2.1 menunjukan rasa percaya diri untuk berlatih mengekpresikan diri dalam
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat music ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan menyanyikan lagu ruri abangku mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat music ritmis secara teliti .
2.      Dengan menggunakan alat musik ritmis ,siswa dapat  memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3.      Dengan menjawab pertanyaan tentang sebuah kakak laki laki dan perempuan siswa dapat menentukan karakter setiap individu dirumah dengan teliti.
4.      Dengan kegiatan Tanya jawab ,siswa dapat membedakan setiap individu dirumah berdasarkan karakter yang di miliki dengan teliti.
5.      Dengan buku teks harian udin , siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga denga teliti.
6.      Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf ,siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
7.      Dengan bimbingan guru,siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
8.      Dengan menggunakan kubus satuan ,siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
9.      Dengan menggunakan kubus satuan ,siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti .
10.  Dengan mengamati deret bilangan ,siswa dapat menentukan pola pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
11.  Dengan mengamati deret bilangansiswa dapat membuat pola –pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
12.  Dengan mengamati contoh teks buku harian audindan bimbingan guru ,siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang dapat secara teliti.
13.  Dengan kegiatan menulis teks buku harian ,siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri .
14.  Dengan kegiatan menulis teks harian ,siswa bapat menceritakan kebersamaan dengan anaggota akeluarga yang berbeda jenis kelamin dengana bahasa yang santun dan percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat music ritmis.
2.      Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga .
3.      Menentukan karakter setiap individu di rumah .
4.      Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
5.      Membaca teks permintaan maaf.
6.      Memperagakan contoh ucapan permohonan maaf
7.      Membilang sampai 500
8.      Melengkapi deret bilangan berpola +1
9.      Menulis teks buku harian .
E.     Metode Pembelajaran
1.      Metode : penugasan ,ceramah,diskusi,Tanya jawab
2.      Pendekatan : saintifik,(mengamati, menanya amencoba menalar dan mengkomunikasikan .


F.     Media alat dan sumber pembelajaran
1.      Media                    : Gambar oprasi hitung mengguakan kubus satuan ,gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan bilangan +1
2.      Alat                       :
3.      Sumber belajar       :Irene ,dkk 2014 buku siswa kelas II tema 1 “ Hidup Rukun “. Buku tematik terpadu kurikulum 2013 jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan .

G. Langkah-LangkahPembelajaran
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiransiswa
3.      Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menunjukkan sebuah gambar keluarga
4.      inti yang terdiridari ayah, ibu, dan anak.
5.      Tanya jawab tentang hidup rukun di rumah
6.      Mengajak siswa untuk berdinamika dengan menyanyikan lagu “saying semuanya”
7.      Menginformasikan tema yang akan di belajar kan yaitu tentang “HidupRukun” dansubtema “HidupRukun Di Rumah”


10 Menit
KegiatanInti
1.      Menuliskan pertanyaan beserta jawaban nerdasarkan gambar pada buku siswa .
2.      Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa
3.      Siswa menyanyikan lagu “ Ruri Abangku “ secara bersama –sama dengan percaya diriSiswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abang ku “ sesuai ketentuan dengan menggunakan alat music ritmis
4.      Siswa di bombing memainkan alat music ritmis
5.      Siswa menyanyikan lagu “ Ruru Abang ku “ dengan memainkan alat musik ritmisSiswa diajak menyanyikan lagu lain yang memfunyai birama 2/4
6.      Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang di nyanyika tersebut menggunakan alat music ritmis Siswa memainkan pola irama pada lagu berirama 2/4 menggunkan alat musik ritmis
7.      Siswa membedakan pola irama pada lagu Ruri Abang ku dengan lagu lain berirama 2/4 yang telah di nyanyikan tersebut
8.      Siswa membaca nyaring syair lagu
9.      Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa
10.  Siswa dan guru melakukan Tanya jawab sebutan kakak laki laki dan perempuan di daerah setempat

Catatan:
Beberapa contoh sebutan kakak laki-laki dan kakak perempuan di beberapadaerah:
a.       Uda adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Minang
b.      Uni adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Minang
c.       Mas atauRakaadalahsebutankakaklaki-lakidalambahasaJawa
d.      MbakdanMbakyuadalahsebutankakakperempuandalambahasaJawa
e.       AaatauAkangadalahsebutankakaklaki-lakidalambahasaSunda
f.       TetehatauCeuceuadalahsebutankakakperempuandalambahasaSunda
g.      MpokadalahsebutankakakperempuandalambahasaBetawi
h.      Daengadalahsebutankakaklaki-lakidalambahasaMakasardan Bali

11.  siswa menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang   ada dalamkeluarganya
12.  Siswa membaca teks  buku harianUdin
13.  Siswa menjawab pertanyaan dari teks buku harian udin
14.  Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga
15.  Siswa membaca contoh ucapan permintaan maaf yang ada pada buku siswa
16.  Siswa dan guru melakukan Tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun Guru menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa kemudian siswa dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf
17.  Siswa memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas
18.  Siswa di ajak mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah Siswa menghitung jumlah buku pada rak yang di amati
19.  Siswa mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa Siswa mengamati gambar cara menghitung jumlah buku dengan menggunakan system blok dianes Siswa bertanya tentang gambar yang telah di amati
20.  Siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamatan

150 Menit
Penutup
1.      Bersama-bersama siswa membuat kesimpulan /rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang  materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
a.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, caramelapalkannya, dsb)
b.   Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a agar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan.
15 Menit



H. Penilaian

1.      Teknik  Penilaian

a.       Penilaian Sikap: Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
b.      Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis
c.       Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja






2.      Bentuk  Instrumen  Penilaian
a.       Penilaian Sikap

No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
PercayaDiri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5














b.      Penilaian Pengetahuan
1)      Menjawab pertanyaan dari buku  teks  harian
2)      Membilang dengan  menggunakan balok  dienes atau kubus satuan
3)      Melengkapi bilangan barisan +1

c.       Penilaian Keterampilan
penilaian: untuk kerja
Rubrik menyanyi dengan  memainkan alat musik ritmis



No
Kriteria
BaikSekali
Baik
Cukup
PerluBimbingan
4
3
2
1
1
Penguasaan lagu
Konsisten menyanyi dengan  nada yang tepat tanpa bimbingan guru
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbingan guru
Menyani dengan nada yang tidak tepat walaupun telahdibimbing guru
2
Kemampuan  memainkan alat music ritmis
Mampu mengembangkanritmis dari pola yang disajik                       an
Hanya mampu memainkan ritmis dari pola yang disajikan, tetapi tidak mampu untuk mengembangkan
Mengalami kesulitan dalam meniru ritmis yang disajikan
Tidak mampu sama sekali memainkan ritmis yang disajikan






No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kreteria 2
4
3
2
1
4
3
2
1
1
N TINTIN SUTINI








2
FAJRI SITI FAUJIAH








3
SUSI SUSANTI








4
ENI SUMATNI








5
JUAGIANTI








6
ENCEP PERMANA










Penilaian :unjuk kerja
Rubric penilaian memperagakan ucapan permohonan maaf

No
Kriteria
BaikSekali
Baik
Cukup
PerluBimbingan
4
3
2
1
1
Ekspresi
Mimic wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten
Mimic wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten
Mimic wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog
Monoton, tanpa ekspresi
2
Lafal
Dialog dilafalkan dengan tepat dan jelas
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafalannya
Lebih dari 2 kata kurang tepat pelafalannya
Hampir semua kata kurang tepat pelafalnnya
3
Intonasi
Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten
Intonasi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten
Intonasi tidak sesuai dengan dialog
Tanpa intonasi
4
Volume Suara
Volume suara keras dan jelas
Volume suara jelas
Volume suara kurang jelas
Suara sangat pelan dan tidak jelas

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kreteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1
N TINTIN SUTINI
















2
FAJRI SITI FAUJIAH
















3
SUSI SUSANTI
















4
ENI SUMATNI
















5
JUAGIANTI
















6
ENCEP PERMANA

















Penilaian: untuk  kerja
Rubric menulis teks buku harian
No
Kriteria
BaikSekali
Baik
Cukup
PerluBimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
Huruf besar, dan tanda baca
Menggunakanhuruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakantanda titik di akhir kalimat
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Tidak satupun  yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
2
Kesesuaianisiteks yang ditulisdengantemabukuharian
Seruluh isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema
Setengah atau lebih isi teks sesuai judul atau tema
Kurang dari setengah isi teks sesuai judul   atau tema
Semua isi teks belum  sesuai
3
Penulisan
Penulisan kata sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
Terdapatlebidari 2 kata yang belum tepat penulisannya
Semua kata belum tepat dalam penulisannya
4
Penggunaan kalimat yang efektif
Semua kalimat menggunakankalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakankalimat yang kurangtepat
Terdapat
lebihdari 2 kalimatmenggunakankalimat yang kurangefektif
Semuakalimatmenggunakankalimat yang belumefektif

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kreteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1
N TINTIN SUTINI
















2
FAJRI SITI FAUJIAH
















3
SUSI SUSANTI
















4
ENI SUMATNI
















5
JUAGIANTI
















6
ENCEP PERMANA




















     Mengetahui                                                                                    Sancang   ................. 2018
     Kepala Sekolah                                                                                          Guru Kelas 2


Yayah Rokayah .S.Pd                                                                                    Fajri Siti Faujiah
NIP:196506091986032013    

0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 13 TEMA HIDUP RUKUN "