Contoh RPP Tematik Terpadu Kelas I tema 1 diriku subtema 2 tubuhku



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU

Sekolah                       :  SD Negeri 3 sancang 
Kelas/Semester         : I/1(satu)
Tema                          : 1. Diriku
Subtema                     : 2. Tubuhku
Pembelajaran           : 1
Alokasi Waktu           : 5 X 35 menit (1 kali pertemuan)

A.        Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4    Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
3.4.1.Menyebutkan minimal 10 nama anggota tubuh dengan tepat.
3.4.2.Membaca minimal 10 nama anggota tubuh dengan tepat.
3.4.3.Menentukan kartu kata yang tepat sesuai dengan gambar anggota tubuh yang ditentukan.
4.4   Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan /atau tulis
4.4.1.   Menggunakan kosakata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan, dengan bantuan bahasa daerah.



PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2. Menunjukkan sikap patuh aturan agama   yang dianut dalam kehidupan sehari-hari  di rumah
-
2.2. Melaksanakan aturan yang berlaku dalam  kehidupan sehari-hari di rumah
-
3.2. Mengidentifikasi aturan yang berlaku  dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.1.      Menjelaskan aturan makan (sebelum, saat, dan sesudah)
4.2.Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
1.2.1.      Menunjukkan sikap mengikuti aturan makan di rumah (sebelum, saat, dan sesudah)

SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.      Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
3.3.1.      Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian
4.3.         Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
4.3.1.      Memeragakan gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian


C.      Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian tubuh dengan tepat
2.      Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat membaca nama bagian-bagian tubuh dengan tepat.
3.      Dengan permainan memilih kartu kata, siswa dapat menentukan kata yang tepat sesuai dengan gambar anggota tubuh yang ditentukan dengan teliti.
4.      Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan aturan sebelum, saat , dan sesudah makan di rumah dengan percaya diri.
5.      Melalui bermain peran, siswa menunjukkan sikap mengikuti aturan saat makan dengan tepat.
6.      Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh dengan tepat.
7.       Selama belajar, siswa dapat membaca dan menggunakan elemen teks/visual untuk memahami bacaan atau konsep yang disajikan dalam bacaan.
8.      Setelah membaca atau mengikuti pembelajaran, siswa dapat memberikan respon terhadap bacaan atau materi pembelajaran secara verbal dan tulisan.


D.     Materi Pembelajaran
1.      Kosakata anggota tubuh.
2.      Aturan makan di rumah.
3.      Gerak anggota tubuh dalam tari

E.      Metode Pembelajaran
Metode :   Eksplorasi, Diskusi, Tanya jawab, Kartu kata, dan Presentasi.

F.      Langkah-langkah Pembelajaran
      Pendahuluan (15 Menit)
             1.     Guru memberi salam, menyapa siswa, menanyakan kabar dan kondisi kesehatan mereka. Sambil mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat Tuhan YME.
             2.     Siswa berdoa sebelum memulai kegiatan. Guru menekankan pentingnya berdoa (agar apa yang akan dikerjakan dan ilmu yang didapat akan bermanfaat). Berdoa dapat dipimpin oleh guru atau salah satu siswa yang ditunjuk (Selama berdoa guru mengamati dengan saksama sikap siswa saat berdoa).
             3.     Salam PPK atau tepuk PPK atau mars PPK.
             4.     Siswa diajak menyanyikan lagu nasional atau lagu daerah
             5.     Siswa satu demi satu menyampaikan komitmen tentang sikap yang ingin mereka tunjukkan hari ini. Bisa diawali oleh guru misalnya komitmen guru hari ini ingin menunjukkan perilaku tepat waktu.
             6.     Siswa diajak meneriakkan yel-yel penyemangat (guru silahkan berkreasi menciptakan yel-yel penyemangat).
             7.     Siswa menyimak guru membacakan syair lagu “Dua Mata Saya” dengan intonasi dan ekspresi yang menarik (sebelumnya guru sudah menempelkan syair lagu yang akan dibacakan di papan tulis, diupayakan berukuran besar).
             8.     Siswa difasilitasi untuk mengajukan pertanyaan tentang isi teks lagu (jika siswa kurang merespon, maka guru berusaha memancing pertanyaan dari siswa), misalnya:
-        Apa isi syair lagu tersebut?
-        Kosakata apa saja yang mereka peroleh dari syair lagu tersebut?
             9.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang judul lagu, pengarang, dan hal-hal lain yang menarik yang dapat dicermati dari lagu tersebut, untuk membiasakan siswa mengapresiasi karya orang lain.
         10.     Siswa diminta memperkirakan apa yang akan mereka pelajari terkait dengan syair yang baru didengarkan. Guru merespons pendapat siswa sambil mengarahkan agar siswa mengetahui tujuan pembelajaran yang akan dicapai termasuk sikap yang akan dinilai selama proses pembelajaran.
    
Kegiatan Inti (145 Menit)
             1.     Siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” bersama-sama.
             2.     Setelah bernyanyi, siswa diminta mengamati gambar anggota tubuh yang dipajang guru di papan tulis (gambar tersebut belum dilengkapi dengan nama-nama anggota tubuh).
             3.     Salah satu siswa diminta menunjukkan bagian-bagian tubuh yang ada dalam teks lagu “Dua Mata Saya”. Guru meminta siswa menunjukkan  kata pada syair lagu tersebut yang merupakan nama anggota tubuh.
             4.     Siswa diarahkan untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh dengan menyebutkan nama anggota tubuh yang ditunjuk oleh guru.
             5.     Siswa memperhatikan Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan menanyakan huruf yang ada pada kartu nama tersebut. Beberapa siswa diberi kesempatan untuk menyebutkan huruf dan membaca katanya.
             6.     Siswa menempelkan kartu nama tersebut pada bagian tubuh yang dimaksud/ditunjuk.
             7.     Siswa diperlihatkan kartu lain, hingga semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.
Rounded Rectangle: mata
Rounded Rectangle: kepala
Rounded Rectangle: hidung
Rounded Rectangle: mulut
Rounded Rectangle: tangan
Rounded Rectangle: kaki
 









             8.     Siswa dan guru mengecek bersama, dengan menunjuk salah satu bagian dan membacakan kartu nama anggota tubuh yang tertempel. Jika ada yang kurang tepat, siswa lain membetulkan.
             9.     Setelah semua kartu nama anggota tubuh terpasang, guru memandu siswa membaca semua nama anggota tubuh tersebut bersama-sama.
         10.     10.Siswa diberikan tantangan untuk membaca nama-nama anggota tubuh yang ditunjuk guru secara mandiri (guru mengamati sikap percaya diri siswa).

         11.     Siswa menjawab pertanyaan guru, bagaimana cara menjaga agar tubuh tetap sehat?. (Guru mengarahkan pertanyaannya agar salah satu jawabannya adalah ‘makan’).
         12.     Siswa menyimak penjelasan guru bahwa makan harus dilakukan dengan aturan-aturan tertentu. Guru bertanya apakah siswa memiliki aturan makan di rumah masing-masing? Jenis pertanyaan dipandu oleh guru, misalnya:
-    apakah tadi pagi sudah makan?
-    sebelum makan, apakah ada yang harus kamu lakukan?;
-    jika makan, di mana?, di meja makan atau boleh di mana saja?;
-     saat makan, apakah bersama-sama dengan anggota keluarga atau sendiri- sendiri?;
-    bagaimana sikap saat makan?;
-    bagaimana sikap jika sudah selesai makan?
         13.     Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa membentuk pasangan untuk bertukar informasi.
         14.     Siswa saling menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan makan di rumah, baik sebelum, saat makan, dan sesudahnya (selama siswa berdiskusi guru mengamati sikap kerja sama siswa).
         15.     Siswa diminta menunjukkan/mempresentasikan hasil tanya jawab tentang sikap saat makan di rumah (guru mengamati sikap percaya diri siswa).
         16.     Siswa mengamati buku siswa halaman 40. Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa sebelum, saat, dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku siswa?

         17.     Siswa menyimak rangkuman guru atas semua jawaban siswa dan menyampaikan informasi tentang aturan makan di rumah. Secara umum aturan pada saat makan adalah sebagai berikut:
-          Mencuci tangan sebelum makan.
-          Berdoa sebelum makan.
-          Duduk saat sedang makan.
-          Tidak berbicara ketika sedang mengunyah makanan.
-          Tidak mengambil makanan berlebihan.
-          Berdoa setelah makan.
-          Merapikan bekas makan sendiri.
         18.     Siswa menyimak penguatan guru untuk mengikuti aturan saat makan.
         19.     Siswa difasilitasi untuk berdiskusi tentang cara menjaga kesehatan tubuh. Guru mengarahkan diskusi akan pentingnya menggerakkan tubuh secara teratur. Ada beberapa cara menggerakkan tubuh seperti berlari, bersepeda, senam, juga dengan menari.  Menari juga menyehatkan tubuh, karena menari melancarkan peredaran darah dan membuat hati gembira.
         20.     Siswa diajak bersenang-senang dengan menggerakkan anggota tubuh sambil bernyanyi dan mengingat kembali nama-nama anggota tubuh (lihat buku siswa halaman 41)
                                                                i.     .
         21.     Guru memberikan contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti. Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut. Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala Pundak Lutut Kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
-     Sikap berdiri, pandangan ke depan.
-     Kedua tangan di pinggang.
-     Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk.
-     Gerak kepala tengok kanan dan kiri.
         22.     Awalnya seluruh siswa melakukan gerakan dengan arahan guru. Lalu bergantian perkelompok siswa mengulangi gerakan tariannya di depan teman-temannya (saat siswa menari guru mengamati sikap siswa baik percaya diri, kerja sama, maupun kedisiplinan).
         23.     Setelah menari, guru menanyakan perasaan siswa. Guru juga mengingatkan kembali pentingnya menggerakkan tubuh bagi kesehatan.
         24.     Sebagai akhir dari kegiatan siswa mengerjakan lembar kerja di buku siswa halaman 42 dan 43.


Penutup (15 menit)
             1.     Siswa menyimak ulasan guru tentang kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja dilakukan dengan menjawab pertanyaan:
-          Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
-          Kegiatan apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
-          Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
-          Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah belajar?
-          Apakah kamu merasa telah berhasil menunjukkan sikap yang tadi pagi ingin kamu tunjukkan?
             2.     Siswa menyimak penguatan dan kesimpulan pembelajaran hari ini yang disampaikan guru.
             3.     Siswa diingatkan untuk menceritakan kepada orangtua tentang ‘aturan makan’ yang telah dipelajari.
             4.     Siswa bersama guru merayakan keberhasilan pembelajaran dengan mengumandangkan yel-yel penyemangat. Dilanjutkan dengan salam/tepuk/Mars PPK.
             5.     Sebagai penutup, guru mengajak siswa untuk bersyukur atas ilmu dan semua kegembiraan yang telah mereka rasakan di hari ini dengan berdoa bersama. Guru juga mengingatkan tentang sikap berdoa yang baik.
             6.     Selesai berdo’a, siswa memberi salam pada guru. Guru mengingatkan siswa untuk memberi salam pada orang tua.


A.     Penilaian
1.     Sikap
Teknik                        : Observasi
Instrumen      : Format Penilaian Sikap (Jurnal)
No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





4.





5.






2.     Pengetahuan
Teknik                        : Tes tertulis.
 Instrumen     : Lembar latihan pada buku siswa halaman 42 dan 43.
                

3.     Keterampilan
Teknik                        : Produk dan Praktik
Instrumen      : Rubrik penilaian

a.      Bahasa Indonesia: Menggunakan Kosakata Anggota Tubuh dalam Teks
Aspek
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan     (1)
Menyebutkan anggota tubuh
Seluruh kosakata anggota tubuh dapat diucapkan dengan benar
Sebagian besar kosakata anggota tubuh diucapkan dengan benar

Sebagian kecil kosakata anggota tubuh diucapkan dengan benar
Belum dapat mengucapkan kosakata anggota tubuh dengan benar
Memasangkan gambar dan kata
Seluruh gambar dan kata dipasangkan dengan benar
Sebagian besar gambar dan kata dipasangkan dengan benar
Sebagian kecil gambar dan kata dipasangkan dengan benar

Belum dapat memasangkan gambar dan kata dengan benar

b.     PPKn : Mendiskusikan dan mempresentasikan informasi  
               tentang aturan di rumah
Aspek
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan     (1)
Menyebutkan contoh aturan di rumah
Menyebutkan 4 contoh aturan di rumah
Menyebutkan 3 contoh aturan di rumah
Menyebutkan 2 contoh aturan di rumah

Menyebutkan 1 contoh aturan di rumah
Menggali informasi
Menggali informasi dari teman dengan sangat baik
Menggali informasi dari teman dengan baik
Menggali informasi dari teman dengan cukup baik

Belum mampu menggali informasi dari teman

c.      SBdP : Memeragakan gerak anggota tubuh dalam tari
Aspek
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan
(1)
Gerakan

Seluruh gerakan tari dapat dilakukan dengan baik sesuai contoh yang diberikan guru
Sebagian besar gerakan tari dapat dilakukan dengan baik sesuai contoh yang diberikan guru
Sebagian kecil gerakan tari dapat dilakukan dengan baik sesuai contoh yang diberikan guru
Belum dapat melakukan gerakan tari sesuai contoh yang diberikan guru



B.     Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
-    Buku cerita singkat tentang anggota tubuh (akan sangat baik kalau bukunya berukuran besar).
-    Gambar tentang anggota tubuh
-    Kartu bertuliskan nama bagian-bagian tubuh
-    Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa bernyanyi dan menari.
-    Lem/double tape/perekat lainnya.
-    Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas I,  Tema 1: Diriku, Subtema 2: Tubuhku, Pembelajaran 1.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2016). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Refleksi Guru















                                                            Garut, ... Juli 2018
        
          Mengatahui                                                                                                   
       Kepala Sekolah,                                                                                         Guru Kelas I,






___________________________                                                                    ________________________

0 Response to " Contoh RPP Tematik Terpadu Kelas I tema 1 diriku subtema 2 tubuhku "