Contoh RPP Tematik Terpadu Kelas IV tema 1 indahnya kebersamaan subtema 1 keberagaman budaya bangsaku





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU

                        Sekolah                       :           SD Negeri 3 sancang 
                        Kelas/Semester         :           IV/1 (satu)
                        Tema                          :           1. Indahnya Kebersamaan
                        Subtema                     :           1.  Keberagaman Budaya Bangsaku
                        Pembelajaran ke       :           1
                        Alokasi Waktu           :           4 x 35 menit (1 kali pertemuan)


A.       Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam  bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
      
            Bahasa Indonesia
      
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

1.1.1.      Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks  tulis.

4.1.         Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulisan.
4.1.1.      Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.







IPS

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.         Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang
3.2.1.    Menyebutkan keragaman budaya,  etnis, dan agama dari   teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap
4.2. Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang
4.2.1.      Mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis



           IPA

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.    Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
3.6.1.      Menjelaskan cara menghasilkan   bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
4.6.   Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.


4.6.1.    Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.


C.   Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
2.    Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan teliti.
3.    Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan tepat.
4.    Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dengan percaya diri dan tulisan dengan sistematis.
5.    Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
6.    Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan teliti.
7.    Selama belajar, siswa dapat membaca dan menggunakan elemen
teks/visual untuk memahami bacaan atau konsep yang disajikan dalam bacaan.
8.   Setelah membaca atau mengikuti pembelajaran, siswa dapat memberikan respon terhadap bacaan atau materi pembelajaran secara verbal dan tulisan.

D.       Materi Pembelajaran.
1.                                                          Gagasan pokok dan gagasan pendukung pada sebuah paragraf.
2.                                                          Keberagaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, agama Bangsa Indonesia.
3.                                                          Sifat-sifat bunyi.

E.        Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran        :   Tanya jawab, diskusi, peta pikiran,
                                                       wawancara dan percobaan.

F.        Langkah-langkah Pembelajaran
,
Kegiatan
Oval Callout: Komunikasi,PPK

Oval Callout: CriticalOval Callout: PPKOval Callout: LiterasiDeskripsi
Oval Callout: PPKAlokasi Waktu
Pendahuluan

1.         Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
2.         Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (Untuk menyegarkan suasana, guru dapat menanyakan tanggal hari ini. Misalnya tanggal 17, Maka mintalah siswa dengan nomor  absen 17 untuk memimpin doa).
3.         Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.         Salam PPK atau tepuk PPK atau mars PPK.
5.         Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
6.         Mintalah siswa untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. Lakukan operasi semut jika kelas masih kurang rapi.
7.         Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
8.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap syukur, kerja sama, teliti dan percaya diri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
9.         Pembiasaan membaca nyaring 15 menit (Catatan : akan lebih baik jika Guru membacakan buku cerita rakyat, atau buku lain yang sesuai dengan materi).
a.        Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
-             apa yang tergambar pada sampul buku?
-             apa judul buku?
-             kira-kira buku ini menceritakan apa?
-             pernahkah kamu membaca judul seperti itu?
-             apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku
         ini?
b.   Pada saat membaca, guru menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.
c.    Setelah guru membacakan buku, siswa diminta membuat peta cerita/mind map.
10.     Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan Lagu Tokecang, atau lagu daerah setempat. Berikan penguatan bahwa negara kita kaya akan lagu daerah.
30 menit
Kegiatan inti

1.             Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali. Siswa diminta mengamati.
2.             Siswa difasilitasi untuk mengajukan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
3.             Siswa diajak berdiskusi tentang pakaian adat, rumah tradisional dan makanan daerah.
4.             Siswa menyimak penjelasan guru, bahwa hari ini akan mempelajari budaya Indonesia.
5.             Siswa diajak berdiskusi tentang keragaman budaya Indonesia. Guru dapat mengajukan pertanyaan pembuka, asal suku para siswa (misalnya,
Suku Jawa, Sunda, Minang, dst).
6.             Siswa berpasangan saling mendiskusikan
asal suku masing-masing. Jika mayoritas
siswa berasal dari suku yang sama, siswa
diminta untuk menceritakan 1 suku yang mereka ketahui.
7.             Hasil diskusi dibahas dan disimpulkan secara klasikal.
8.             Siswa dibagi dalam kelompok dengan 3-4 anggota. Mintalah setiap kelompok untuk membaca teks ‘Pawai Budaya’    pada Buku Siswa (BS) Tema 1, Subtema 1, Pembelajaran 1, halaman 1-2.   Mintalah siswa untuk menandai paragraf  dengan nomor 1 s/d 5.
9.             Siswa difasilitasi untuk mendiskusikan sikap yang harus ditunjukkan dalam bekerja kelompok.
10.         Setiap kelompok menuliskan hasil diskusi tentang isi paragraf 1.
11.         Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Siswa yang lain diminta memberikan tanggapan. Kelompok melakukan perbaikan atas masukan siswa yang lain.
12.         Lakukan hal yang sama untuk paragraf 2.
13.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung sebuah paragraf.
14.         Siswa bersama guru mendiskusikan kata-kata sulit yang terdapat dalam paragraf.
15.         Siswa melanjutkan aktivitas secara mandiri dengan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari paragraf 3, 4, 5 dalam bentuk peta pikiran, sebagaimana bentuk peta pikiran pada BS halaman 4, 5, dan 6.
16.         Selama siswa melakukan aktivitas membuat peta pikiran. Guru dapat berkeliling untuk memberikan penguatan. Peta pikiran dapat dinilai dengan rubrik.
17.         Siswa kembali diingatkan pada kegiatan di awal pembelajaran tentang keragaman suku dari teman-teman di kelas.
18.         Setiap siswa diminta untuk mencari informasi dengan cara mewawancarai paling sedikit 5 teman di kelas atau lintas kelas.
19.         Selama siswa melakukan wawancara, guru dapat melakukan pendampingan, sekaligus memastikan siswa bersikap sopan, berbahasa santun, dan saling menghargai saat wawancara berlangsung.
20.         Hasil wawancara dituangkan dalam tabel pada BS halaman 8.
21.         Siswa menyimak penguatan yang disampaikan guru tentang pentingnya sikap saling menghargai keragaman budaya, suku, dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia.
22.         Setelah mengisi tabel. Aktivitas dilanjutkan dengan mengisi pertanyaan sebagaimana pada BS halaman 8.
23.         Siswa menyimak penguatan guru tentang sikap syukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa tentang keberagaman bangsa Indonesia.
24.         Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa menuliskan pada kolom BS halaman 9 tentang contoh sikap saling menghargai keberagaman dan yang tidak menghargai keberagaman.
25.         Siswa saling mendiskusikan tugas yang telah diselesaikan.
26.         Segarkan suasana dengan ice breaking: Tepuk Cek Bum.
Prosedurnya :
Guru
Siswa
Guru menyebutkan ‘Cek’
bertepuk tangan 1 X
Guru menyebutkan ‘Bum’
menepuk paha 1 X
Cek, cek, bum
bertepuk tangan 2 X,
menepuk paha 1 X
Variasikan ucapan, misal: cek, bum, bum, cek,
dan sebagainya.

27.        Siswa diajak berdiskusi, mengapa sebuah tepukan dapat kita dengar?. Guru memberikan penguatan tentang sifat-sifat bunyi.
28.        Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 orang. Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang berbagai alat musik tradisional yang ada di buku siswa serta mengisi tabel pada halaman 11.
29.        Siswa melakukan eksplorasi menggunakan benda-benda yang terdapat di sekitar kelas.
30.        Setiap siswa diminta mengambil 5 benda yang ada di sekitar kelas, yang menghasilkan bunyi yang berbeda.

Guru dapmenyiapkan beragam benda yang menghasilkan bunyi dengan cara berbeda, seperti peluit (ditiup) , dua tutup panci (dipukul), sendok dan botol kaca (dipukul), kantong plastik (diremas), botol plastik diisi benda-benda kecil (digoyangkan), dan sebagainya.
Jika jumlah benda terbatas, setiap siswa dapat mengambil dua benda, yang kemudian akan digunakan secara bergantian.

31.    Siswa diminta membunyikan benda-benda tersebut.
32.    Siswa diminta menuliskan hasil temuan mereka pada tabel.

No
Benda
Cara Membunyikan
1


2


3


4


5



  28.     Siswa dibimbing untuk merumuskan  permasalahan.
  29.     Permasalahan dirumuskan dalam pertanyaan, misalnya (1) mengapa alat musik tradisional berbunyi ketika dimainkan?, (2) mengapa peralatan seperti panci, piring, peluit, dan sendok dapat dibunyikan dengan perlakuan tertentu?
  30.     Siswa membuat dugaan jawaban atas pertanyaan tersebut.
  31.     Siswa dengan dibimbing guru, mencari informasi untuk menyakinkan dugaannya, misalnya dengan membaca berbagai buku sumber. Guru dapat mengarahkan siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya dapat mengantarkan siswa untuk meyakinkan jawabannya.
  32.     Siswa mencatat informasi yang diperolehnya. Siswa mencocokkan informasi yang diperoleh dengan percobaan yang dilakukannya. Misalnya, bunyi terjadi karena ada sesuatu yang digetarkan pada benda tersebut.
  33.     Siswa mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok dengan kelompok lain.
  34.     Siswa menyimpulkan dugaannya berdasarkan percobaan yang dilakukan.
  35.     Siswa menyimak penguatan guru atas  hasil percobaan mengenai proses terjadinya bunyi.
  36.     Selanjutnya, setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari beragam benda dan menampilkan hasil karya kombinasi bunyi secara bergantian.
  37.     Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat di BS halaman 14 dan 15 berdasarkan hasil kerja sama mereka dalam menciptakan kombinasi bunyi.
  38.     Siswa menyimak penguatan guru bahwa dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan yang kita temui, mulai dari perbedaan agama, suku, ras, hingga warna kulit. Sebagaimana halnya sebuah permainan musik yang terdiri atas berbagai alat, kehidupan nyata yang penuh dengan perbedaan pun dapat berdampingan dengan baik, asalkan setiap orang dapat saling menghargai keberagaman.
165 menit
Penutup
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung;
-          Apa saja yang telah dipahami siswa?
-          Apa yang belum dipahami siswa?
-          Bagaimana perasaan selama pembelajaran?
2.         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua, yaitu: meminta orangtua untuk menceritakan pengalaman menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah dan menceritakan hasilnya kepada guru.
4.        Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap syukur, kerja sama, percaya diri, dan teliti.
5.        Siswa menyanyikan lagu ‘Dari Sabang sampai  Merauke
6.      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
  kebersihan kelas.
7.        Untuk tetap menumbuhkan keceriaan, siswa melakukan tepuk gemuruh. Siswa diminta tepuk tangan dengan volume mengikuti gerakan tangan guru. Ketika posisi tangan guru di bawah, siswa tepuk tangan pelan. Ketika gerakan tangan guru semakin ke atas, suara tepukan semakin kencang.
8.      Salam PPK atau tepuk PPK atau mars PPK.
9.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 Menit



G.       Penilaian
1.     Sikap
Teknik       : Observasi
Instrumen  : Format Penilaian Sikap (Jurnal)

No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





Dst







2.     Pengetahuan
Teknik       : Tes tertulis.
Instrumen  : Soal uraian.




Muatan
Kompetensi Dasar
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia
3.1.            Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks  tulis.
Tes tertulis
Soal uraian
IPS
3.2.            Menyebutkan keragaman budaya,  etnis, dan agama dari  teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
Tes tertulis
Soal isian
IPA
3.6.            Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
Tes tertulis
Soal uraian


3.     Keterampilan
Teknik       : Produk.
Instrumen  : Rubrik penilaian.

a.        Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik :
Kriteria

Sangat Baik
(4)
Baik
(3)

Cukup
(2)

Perlu
Pendampingan
(1)
Gagasan pokok
Menemukan
Gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar
Menemukan
sebagian besar
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar
Menemukan
sebagian kecil
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar
Belum dapat
menemukan
gagasan pokok
Gagasan
Pendukung
Menemukan
gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar
Menemukan
sebagian
besar gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar
Menemukan
sebagian
kecil gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar
Belum dapat
menemukan
gagasan
pendukung
Penyajian
gagasan pokok
dan gagasan
pendukukung
dalam peta
pikiran
Menyajikan
seluruh gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat
Menyajikan
sebagian besar gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat
Menyajikan
sebagian kecil
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat.
Belum dapat
menyajikan
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran

b.     IPS
Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik :
Kriteria

Sangat Baik
(4)

Baik
(3)

Cukup
(2)

Perlu
Pendampingan
(1)
Informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama.

Menuliskan
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan
hasil wawancara
dengan lengkap.
Menuliskan
sebagian besar
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan
hasil wawancara
cukup lengkap

Menuliskan
sebagian kecil
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan
hasil wawancara
kurang lengkap
Belum dapat
menuliskan
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan hasil
wawancara
Komunikasi
lisan tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
Mengomunikasi-kan
secara lisan
tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan
hasil wawancara
dengan
sistematis
Mengomunika-sikan secara lisan
sebagian besar
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan
hasil wawancara
cukup sistematis
Mengomunika-sikan
secara lisan
sebagian kecil
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan
hasil wawancara
kurang
sistematis
Belum dapat
Mengomuni-kasikan
secara lisan
tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan hasil
wawancara

c.         IPA
Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik:

Kriteria

Sangat Baik
(4)

Baik
(3)

Cukup
(2)

Perlu
Pendampingan
(1)
Cara
menghasilkan
bunyi
Menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari
semua benda
berdasarkan
hasil eksplorasi
dengan lengkap
Menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
besar benda
berdasarkan hasil
eksplorasi cukup
lengkap
Menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
kecil benda
berdasarkan hasil
eksplorasi kurang
lengkap
Belum dapat
menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari benda
berdasarkan hasil
eksplorasi
Laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari
semua benda
berdasarkan
hasil eksplorasi
dengan
sistematis
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
besar benda
berdasarkan hasil
eksplorasi cukup
sistematis
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
kecil benda
berdasarkan hasil
eksplorasi kurang
sistematis
Belum dapat
menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari benda
berdasarkan hasil
eksplorasi
Sikap rasa ingin
Tahu
Tampak antusias
dan mengajukan
banyak ide dan
pertanyaan
selama kegiatan
Tampak cukup
antusias dan
terkadang
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan
Tampak kurang
antusias
dan tidak
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan
Tidak tampak
antusias
dan perlu
dimotivasi untuk
mengajukan ide
dan pertanyaan



4.     Remedial
Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

5.   Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan pertunjukan kombinasi bunyi di kelas lain.


H.      Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/Alat               :  Buku cerita rakyat atau buku cerita lain yang sesuai dengan materi, teks bacaan, meja, botol, alat musik (disesuaikan dengan kondisi sekolah).
Bahan                       :   -
Sumber Belajar    : Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas IV,  Tema 1: Indahnya Kebersamaan, Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 1.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2016). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Refleksi Guru








  Garut,     Juli 2018       
Mengatahui                                                                                      
       Kepala Sekolah,                                                                            Guru Kelas IV,




________________________                                                                        ____________________________










0 Response to "Contoh RPP Tematik Terpadu Kelas IV tema 1 indahnya kebersamaan subtema 1 keberagaman budaya bangsaku "