contoh laporan pkp (UT) UNIVERSITAS TERBUKA
—
Rabu, 12 September 2018
—
Add Comment
IDENTITAS DAN PENGESAHAN
JUDUL LAPORAN :
Penerapan
Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pecahan Pada
SD Kelas VI semester 2 SDN Sancang 03 Kecamatan Cibalong .
NAMA MAHASISWA : FAJRI SITI FAUJIAH
PROGRAM STUDI : PGSD-S1
TEMPAT MENGAJAR : SDN Sancang 03 UPTD Pendas Kecamatan
Cibalong .
TANGGAL PELAKSANAAN :
1.
Pra siklus
Hari
kamis 08 mei 2014
2.
Siklus 1
Hari
selasa 13 mei 2014
3.
Siklus 2
Hari
sabtu 24 mei 2014
Mengetahui Garut, juni 2014
Supervisor 1 Mahasiswa
Dr.Achyar .MPd
Fajri Siti Faujiah
NIP.196406071984031003 NIM.820345823
KATA PENGANTAR
Kami
panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah s.w.t. bahwa kami masih di berikan
kekuatan dan kesehatan lahir dan batinsehingga dalam kesempatan ini mampu
menyelesaikan perbuatan laporan penelitian tepat pada waktunya ,laporan
kegiatan yang dilakukan berupa program perbaikan pembelajaran yang difokuskan
pada mata pelajaran Matematika.
Kami
sadari dalam penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan ,dan dirasakan
banyak sekali kekurangan dan kelemahan ,oleh karena itu kami mohon maaf jika
laporan ini masih jauh yang diharapkan ,walaupun demikian kami tidak berkecil
hati karena dengan keterbatasan itu semoga menjadi bekal untuk yang
memperbaikinya ,tidak lupa kalaaaami ucapkan terimakasih yang sedalam dalamnya
kepada setiap orang yang telah ikut berjasa dalam membantu menyelesaikan tugas
laporan ini .
1. Kepala
UPBJJ UT Bandung
2. Bapak
Dr.Achyar .MPd sebagai supervisor 1
3. Bapak
H.Kasimin ,S,Pd,MM sebagi supervisor 2
4. Bapak
H.Aas Kuswana ,S,Pd,MM,Penilai 2
5. Ibu
Yayah Rokayah ,S,Pd sebagai kepala sekolah SDN SANCANG 03
6. Teman
teman seperjuangsn ysng sejak lama
7. Orang
yang kami cintai yang ikut mendoakan bagi kelancaran perbuatan laporan ini .
Semoga
jasa jasa dan kebaikan yang pernah
dilakukan oleh semua mendapat balasan yang lebih dari Allah ,S.W.T akhirnya mudah
mudahan laporan yang kami susun secara sederhana ini, menjadi salah satu
khasanah dalam mengembangkan keilmuan bagi siapa saja yang membacanya.
Garut juni 2014
Penulis
DAFTAR
ISI
KATAPENGANTAR…………………………………………………………...
i
DAFTAR
ISI……………………….………………………………………..…..ii
DAFTAR
TABEL ……………………………………………………….…….iv
DAFTAR
GRAFIK……………………………………………………………v
DAFTAR
LAMPIRAN ………………………………………………………..vi
BAB
1 PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah …………………………………………………1
1. Identifikasi
masalah………………………………………………2
2. Analisis
masalah …………………………………………………3
3. Alternatif
dan prioritas……………………………………………3
B. Rumusan
masalah ………………………………………………………..3
C. Tujuan
penelitian perbaikan ……………………………………………..3
D. Manfaat
penelitian perbaikan pembelajaran ….………………………….4
BAB
II KAJIAN PUSTAKA
A. Pembelajaran
Matematika di SD………………………………………..5
B. Metode
adaiskusi ……………………………………………………….6
C. Pembelajaran
di SD dengan menggunakan Metode Diskusi……………7
BAB
III PELAKSANAAN PENELITIAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A. Subjek
,Tempat Dan Waktu Penelitian…………..……………………..8
B. Desain prosedur perbaikan pembelajaran………..……………………..9
C. Teknik
Analisis Data …………………………….……………………10
BAB IV HASIL PEMBAHASAN
A.
Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan
Pembelajaran…………………... 11
B. Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran………………..
20
BAB
V KESIMPULAN DAN SARAN
1. Kesimpulan……………………………………………………………..22
2. Saran……………………………………………………………………22
DAFTAR PUSTAKA
Lampiran
DAFTAR
TABEL
Tabel 3.1 waktu penelitian
…………………………………………………………
Table 4.1 Hasil
evaluasi perbaikan pembelajaran Matematika siklus 1……………
Table 4.2 Hasil perbaikan pembelajaran Matematika
siklus 1………………….…
Table 4.3 Hasil
evaluasi perbaikan pembelajaran Matematika siklus 2……………
Table 4.5 Hasil perbaikan pembelajaran Matematika siklus
2……………………
DAFTAR
GRAFIK
Grafik 1 Hasil evaluasi
perbaikan pembelajaran Matematika siklus 1……………
Grafik 2 Hasil evaluasi
perbaikan pembelajaran Matematika siklus 2……………
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
1: ,kesedian supervisor 2,
Surat pernyataan
supervisor 2
Surat pernyataan
mahasiswa
Lampiran
2: format perencanaan perbaikan
Lampiran
3: RPP
Lampiran
4: lembar observasi
Lampiran
5: jurnal
Lampiran
6: LKS siswa
Lampiran
7 : APKG 1 dan APKG 2,siklus 1 dan
siklus 2
Lampiran
8: Biodata
LEMBAR PERTANYAAN BEBAS PLAGIAT
Saya
menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan
praktik pemantapan kemampuan propesional (PKP)yang saya susun sebagai
syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada program studi S1-PGSD Universitas
Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.
Adapun
bagian bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip dari hasil
karya orang lain telah di tuliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan
norma kaidah ,dan etika penulisan karya ilmiah.
Apabila
di kemudian hari di temukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil
karya sendiri ataupun plagiasi dalam bagian bagian tertentu,saya bersedia
menerima sangsi termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai
dengan perundang –undangan yang berlaku .
Garut juni 2014
Yang
membuat pertanyaan
Fajri
Siti Faujiah
NIM.820345823
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Dalam
melaksanakan tugas sehari hari sebagai guru perlunya penguasaan berbagai
kemampuan dalam mengembangkan dirinya secara professional .dalam hal ini guru
tidak hanya dituntut mampu menguasai materi pelajaran .tetapi dituntut pula
mampu mengevaluasi dirinya sendiri dalam kinerja di dalam kelas .dalam hal ini
seorang guru harus bisa mengatur dan menempatkan metode yang digunakan dalam
pembelajaran sesuai dengan materi yang di ajarkan supaya materi yang di sampaikan
itu tidak terkesan menjenuhkan dan dapat dengan mudah diterima oleh anak didik
.
Metode
yang di gunakan dalam pembelajaran termasuk kedalam keputusan yang di ambil
sendiri oleh guru yang bersangkutan .guru yang menghadapi suasana yang
demokratis akan menggunakan metode yang memungkinkan anak didik dapat bekerja
sama ,bersaing secara sehat dan mencegah berbagai masalah,misalnya metode
diskusi .
Hal
tersebut bisa di capai apabila komponen /perangkat terkait dapat bekerjasama
yang mengarah pada tujuan yang di harapkan sesuai dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang serta majunya roda pendidikan
pada saat ini .
Faktor
yang dapat menunjang tercapainya harapan pendidikan diantaranya guru disiapkan
sedini mungkin untuk meningkatkan keprofesionalnya dalam melaksanakan tugas di
sekolahnya .Dalam hal ini wujudnyata kegiatan mahasiswa di lapangan adalah
mengadakan observasi sekaligus mengadakan penelitian perbaikan pembelajaran,
penelitian perbaikan pembelajaran dilakukan pada mata pelajaran Matematika.oleh
karena itu di lakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas
(PTK)
Dalam
upaya guru yang di lakukan untuk meningkatkan penguasaan siswa dalam menerima
materi pembelajar .Melalui PTK tersebut mata pelajaran Matematika di bagi
menjadi dua siklus yang melibatkan Supervisor 2 untuk berkolaborasi sebagai
bahan masukan dalam proses maslah pengajaran .
Disamping
itu untuk memperbaiki pembelajaran ,pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini juga
di tujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah pemantapan kemampuan professional
(PKP)PDGK 4501 pada program S1.
1.
Identifikasi
Maslah
Selama pembelajaran
berlansung jarang sekali siswa mengajukan pertanyaan atau member tanggapan
penjelasan guru ,artinya pembelajran yang dilakukan guru belum tercapai
,berdasarkan hal tersebut kami meminta bantuan supervisor 2 untuk mendiskusikan
masalah masalah yang terjadi dalam pembelajaran yang di lakukan .dari hasil
diskusi tersebut kami peroleh beberapa permasalahan yang terjadi di kelas 6
yang menyebabkan proses kegiatan belajar tidak tercapai secara optimal.
Permasalahan itu antara
lain :
1. Siswa
jarang mengajukan pertanyaan sehingga siswa yang sulit mengerti semakin
ketinggalan dalam penguasaan pelajaran.
2. Siswa
kurang memperhatikan penejlasan yang di berikan oleh gurusehingga tidak semua
materi yang di terima menyerap dalam memori siswa .
3. Siswa
sulit untuk mengungkapkan jawaban dalam mengerjakan LKS melalui diskusi
2.
Analisis
Masalah
Berdasarkan hasil
diskusi dengan supervisor ,Supervisor 2 di ketahui bahwa factor pengebab sisiwa
tidak memahami dan kurangnya menguasai materi pembelajaran yang di sampaikan
adalah:
a. Guru
dalam menyampaikan materi tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya .
b. Penggunaan
metode yang monoton (tidak bervariasi)
3. Alternatif dan Pemecahan Masalah
Dalam
proses perbaikan yang di ambil dari masalah yang ditemui selama pembelajaran
ditemui suatu metode yang di rasakan cocok untuk meminimalisir permasalahan
yang terjadi pada proses mengajar di kelas .Metode tersebut adalah metode
diskusi ,yaitu suatu metode yang dilakukan dengan cara mengajak siswa ikut aktif
dalam proses pembelajaran dengan mendiskusikan setiap materi yang sedang
dipelajari .
Diharapkan
dengan metode ini dapat meningkatkan kemampuan professional yang berdasarkan
pada keleluasaan dan kedalaman wawasan yang digunakan guru sebagai landasan
dalam mengambil keputusan dan mampu meningkatkan dan mendorong motivasi siswa
untuk belajar lebih baik .
B.
Rumusan
Masalah
Apakah
penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD
Negeri Sancang 03 Matematika tentang pecahan ?
C.
Tujuan
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Tujuan dalam penelitian
perbaikan pembelajaran adalah :
1. Mendeskripsikan
penerapan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tentang
pecahan .
2. Menjelaskan
hjasil belajar siswa setelah menggunakan metode diskusi .
D.
Manfaat
Penelitian
1.
Guru
a.
Meningkatkan kemampuan professional
yang berdasarkan pada keleluasaan dan kedalaman wawasan yang di gunakan guru
sebagai landasan dalam mengambil keputusan ,baik keputusan situasional ketika
merencanakan pembelajaran maupun keputusan transaksional ketika melaksanakan
pembelajaran .
b.
Meningkatkan kemampuan guru dalam
menemukan masalah dan mencari solusinya.
c.
Guru lebih bersikap demokratis ,
karena terbiasa dengan memberikan kesempatan kepada siswa dalam menyampaikan
permasalahan.
2.
Siswa
a. Mampu
meningkatkan konsep – konsep yang telah di pelajari dalam pembelajaran nyata.
b. Mampu
meningkatkan dan mendorong motivasi siswa untuk belajar lebih baik menjelaskan
secara konkrit serta bervaritif dalam melaksanakan KBM melalui metode yang di
gunakan .
c. Mampu
meningkatkan prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran Matematika
3.
Sekolah
a. Penelitian
ini diharapkan member inspirasi bagi guru yang lain bahwa penguasaan metode
dalam pemebelajaran itu sangat penting sekali.
b. Metode
diskusi diharapkan menjadi salah satu metode yang sering digunakan disekolah
dalam membahas materi yang berhubungan dengan pengetahuan siswa .
c. Sekolah
memberikan fasilitas yang menunjang bagi terselenggaranya proses KBM dengana
metode diskusi.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.
Pembelajaran
Matematika di SD
1.
Pengertian
Matematika
Matematika
adalah cabang ilmu pengetauan yang sangat penting dan sangat berperan dalam
perkembangan dunia. Untuk mengetahui matematika lebih jauh, kita harus
mengetahui pengertian matematika itu sendiri. Berikut pengertian matematika
menurut ahli:
a.
Pengertian Matematika menurut Kurikulum 2004
Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima sehingga keterkaitan antara konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas.
Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima sehingga keterkaitan antara konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas.
b.
Pengertian Matematika menurut Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (Kurikulum 2006)
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang, dan diskrit. Untuk mengusai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang, dan diskrit. Untuk mengusai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
c.
Pengertian Matematika menurut James dan James (1976)
Dalam kamus matematikanya mengatakan bahwa matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis dan goemetri.
Dalam kamus matematikanya mengatakan bahwa matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis dan goemetri.
d.
Pengetian Matematika menurut Mat Johnson dan Rising
(1972)
Dalam bukunya mengatakan bahwa metematika adalah pola berpikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logik, matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa simbol mengenai ide daripada bunyi.
Dalam bukunya mengatakan bahwa metematika adalah pola berpikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logik, matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa simbol mengenai ide daripada bunyi.
Dari beberapa pernyataan di atas
dapat kita simpulkan bahwa pengertian matematika yaitu bahasa simbol yang
terdefinisikan secara sistematik, antara satu konsep dengan konsep yang lain
saling berkaitan dan pembuktian matematika dibangun dengan penalaran deduktif.
B.
Metode
Diskusi
Adalah suatu penyajian
/penyampaian bahan pelajaran .dimana pendidik memberikan memberikan kesempatan
kepada para peserta didik /kelompok –kelompok peserta didik untuk mengadakan pembicaraan
ilmiah guna mengumpulkan pendapat membuat kesimpulan atau menyusun berbagai
alternative pemecahan atas sesuatu masalah.
Metode diskusi
merupakan suatu proses pendekatan belajar dari murid dalam memecahkan berbagai
masalah secara analitis dan di tinjau dari berbagai titik pandangan
(Daradjat,dkk.2008:153) tujuan dari metode diskusi adalah untuk mengeksplorasi
pendapat atau pandangan yang berbeda untuk mengidentifikasi berbagai
kemungkinan .selain itu metode diskusi bertujuan untuk menemukan pemecahan dari
suatu permasalahan yang sedang di hadapi
,sutu pertemuaan dapat atau suatu kompromi yang di sepakati bersama sebagai
gambaran dari gagasan gagasan terbaik yang di peroleh dari pembicaraan bersama
.
Pekerjaan diskusi
merupakan suatu pembelajaran teman sebaya dimana siswa bekerja dalam bentuk
kelompok yang mempunyai tanggung jawab kelompok maupun individual terhadap
tugas –tugas diskusi bukanlah upaya
untuk meyakinkan orang juga bukan suatu debat atau saling ngotot mempertahankan
pendapat . diskusi lebih merupakan upaya kelompok untuk berfikir bersama secara
refleksif atau mendalam .para siswa harus tau masalah apa yang sedang
didiskusikan dan mengerti tentang sebaik baiknya pemikiran apa yang biasa di
sumbangkannya dalam diskusi tersebut.
C.
Pembelajaran
di SD dengan menggunakan Metode Diskusi
Sekolah dasar
(SD)merupakan lembaga pendidikan formal pertama yang di masuki anak .dilembaga
itu diajarkan beberapa mata pelajaran untuk membekali mereka agar memiliki
kemampuan dasar untuk melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi dan sebagi
bekal hidup sehari-hari ,dalam kaitannya dengan materi yang di ajarkan kepada
siswa seorang guru dituntut untuk bisa menguasai dan mengaplikasikan segala
bentuk metode pembelajaran termasuk di dalamnya metode diskusi .
Peran metode diskusi
pada jenjang pendidikan dasar sangat bermanfaat sekali ,apalagi kalau metode
itu diterapkan pada pelajaran yang didalamnya mendeskripsikan tentang ciri ciri
sesuatu sebagi contoh tentang ciri ciri mahluk hidup ,karena dengan
mendiskusikan materi tersebut setiap siswa akan dituntut untuk menggunakan
kemampuan berfikirnya dalam memecahkan setiap permasalahan yang berkaitan
dengan materi tersebut.
Selain itu juga dalam metode
diskusi biasanya siswa diajak untuk mendiskusikan materi yang di pelajarinya
dalam bentuk kelompok kecil. Dalam hal ini setiap siswa dicampurkan dengan
membagi siswa yang berprestasi di kelas menjadi ketua kelompoknya ,dengan
demikian siswa yang kurang di kelas akan terpancing secara emosi untuk lebih
bisa menguasai dalam pembelajaran.
BAB
III
PELAKSANAAN
PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A.
Subjek
,Tempat Dan Waktu Penelitian
1.
Subjek penelitian
Yang menjadi subjek dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VI
SDN SANCANG 03.
2. Tempat
dan waktu penelitian
Tempat pelaksanaan penelitian perbaikan
pembelajaran ini adalah SDN SANCANG 03 ,kecamatan Cibalong yang berlokasi di
kampung Cijeruk Miramare,kabupaten Garut.Penelitian perbaikan pembelajaran ini
dilaksanakan melalui dua tahap yaitu:
a. Tahap
pertama yang di laksanakan pada 08 mei 2014 melalui penerapan kegiatan pra
siklus .
b. Tahap
kedua yang di laksanakan pada 13 mei
2014 melalui penerapan kegiatan siklus 1
c. Tahap
ke tiga yang dilaksanakan pada tanggal
24 mei 2014 melalui penerapan siklus 2 .
Tabel 3.1
NO
|
Hari/Tanggal
|
Mata
Pelajaran
|
Siklus
|
1
|
Kamis /08 mei
2014
|
Matematika
|
Pra
siklus
|
2
|
Selasa /13 mei 2014
|
Matematika
|
1
|
3
|
Sabtu /24 mei
2014
|
Matematika
|
2
|
3. Pihak yang membantu
·
Kepala sekolah
·
Guru guru
·
Supervisor 2
·
Penilai
B.
Desain
prosedur perbaikan pembelajaran
1. SIKLUS 1
a. Perencanaan
1. Penelitian
menyusun rencana perbaikan pembelajaran berdasarkan hasil refleksi pada
kegiatan pra siklus.
2. Menyiapkan
instrument penelitian atau observasi yang di sepakati bersama supervisor 2.
3. Menyiapkan
alat peraga atau media
4. Meniapkan
buku sumber mata pelajaran matematika .
b. Pelaksanaan
Pembelajaran di
laksanakan oleh guru sesuai dengan sekenario pembelajaran yang telah di buat
dengan alokasi waktu 1x 35 menit penulis mengajar tentang pecahan di kelas enam
SDN SANCANG 03 kecamatan cibalong ,dalam
kegiatan ini penulis menyampaikan penjalasan tentang pecahan dengan menggunakan
metode diskusi.
c. Pengamatan
atau observasi
Selama berlangsurnya
kegiatan perbaikan pembelajaran pada siklus 1 ,observasi di laksanakan secara
kolaborasi oleh dua pengamat ,yakni supervisor 2 dan penilai 2 dengan
instrument yang meliputi lembar observasi aktivitas siswa dan guru selama
proses pembelajaran .
d. Refleksi
Dari hasil observasi
antara supervisor 2 dan penilai 2 diadakan diskusi untuk mengidentifikasi dan
menganalisis persamaan atau kekurangan dan kelemahan yang ada pada perbaikan
pembelajaran siklus 1 agar hasil belajar mengajar meningkat.
2. SIKLUS 2
a. Perencanaan
Peneliti menyusun rencana perbaikan
pembelajaran ahsil refleksi pada kegiatan siklus 1.
1. Menyiapkan
lembar observasi siklus 2
2. Menyiapkan
LKS siklus 2.
3. Menyiapkan
buku ajar atau teks siklus 2.
4. Menyiapkan
media dan alat peraga yang mendukung lembar tes formutif untuk siklus 2.
b. Pelaksanaan
Pembelajaran
dilaksanakan oleh guru sesuai dengan sekenario pembelajaran yang telah di buat
dengan alokasi waktu 1 x 35 menit
penulis mengajar ttentang pecahan di kelas enanm SDN Sancang 03 kecamatan
cibalong .dalam proses kegiatan belajar mengajar penulis menyampaikan tujuan pembelajaran
.dalam kegiatan ini penulis menyampaikan penjelasan tentang pecahan ,dengan
menggunakan metode diskusi di akhiri kegiatan memberikan kesimpulan materi .
c. Pengamatan
atau observasi
Observasi
di laksanakan oleh penilai 2 bekerja sama dengan supervisor 2 untuk mengetahui
tingkat keberhasilan proses pembelajaran dalam pencapaian tujuan pembelajaran
serta hasil belajar siswa guna memutuskan terhadap proses pembelajaran
selanjutnya .
C. Teknik Analisis Data
Hasil pengolahan data
yang telah di proleh adalah data yang berkaitan dengan masalah yang merupakan
focus dalam pembelajaran ,data tersebut kemudian diolah dengan menace criteria
penilaian berikut:
Jumlah jawaban benar x1 = 5
Jumlah jawaban
benar x 3 = 15+
Nilai akhir = jumlah
jawaban benar x 100
Skor maksimal
BAB
IV
HASI
DAN PEMBAHASAN
A.
Deskripsi
Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Berdasarkan hasil
temuan pada proses pembelajaran persiklus yang di laksanakan di SDN SANCANG
03,kebanyakan sisa masih banyak yang memperoleh nilai di bawah KKM ,tetapi pada
proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang di laksanakan pada siklus 1 dan
siklus 2 ada beberapa siswa yang memperoleh nilai di atas rata rata ,setiap
siklus nilainya sedikit-sedikit berubah itupun ada nilai tetap ,namun di lihat
dari jumlah nilai rata –rata di rasakan ada peningkatan .
1.
SIKLUS
1
Pembelajaran yang
dilakukan guru ada kemajuan dari sebelumnya pelaksanaan perbaikan pembelajaran
,hal ini di tunjukan dengan perolehan nilai yaitu rata –rata 76,2 jumlah siswa
31 orang ,salah satu factor yang menunjang peningkatan siswa dalam menguasai
materi pembelajaran adalah dalam proses KBM (kegiatan belajar mengajar ).guru
tidak tergesa gesa dalam menyampaikan mata pelajaran ,sehingga dapat di
mengerti siswa dan bahasa yang di gunakan dapat di mengerti oleh siswa.
Untuk lebih jelasnya
tertera pada table berikut:
Tabel 4.1
Hasil
evaluasi perbaikan pembelajaran Matematika Siklus 1
NO
|
NAMA SISWA
|
NILAI
|
1
|
DECKY MAHARDIKA ADIPRATAMA
|
65
|
2
|
GALIH OKTIANA
|
95
|
3
|
HENDRIK
SAPUTRA
|
85
|
4
|
IRPAN IRAWAN
|
75
|
5
|
ADAM
ROHMAN
|
75
|
6
|
ALDY GUMELAR PRATAMA
|
90
|
7
|
ANTRI
HIDAYANTI
|
65
|
8
|
ARYA ADIKA PRATAMA
|
80
|
9
|
ASTRIE MUTIARA SARI
|
80
|
10
|
AZMI ARAHMAN FAUZI
|
75
|
11
|
BILLY
RHOMANTICKA ADIRAZA AS
|
75
|
12
|
DINDA AGNISA FRATAMY
|
80
|
13
|
GHEA
AMELIA ELVANY
|
75
|
14
|
ILHAM AHMAD FAUZI
|
70
|
15
|
NANDAH
ANDINA PUTRI
|
80
|
16
|
NISA FEBRI RAHAYU
|
65
|
17
|
RITA
NURYANI
|
70
|
18
|
RIZKY INSAN NURKHALIQ
|
80
|
19
|
SHELLA
SELVINA
|
75
|
20
|
RADITIYA RANGGA UTAMA
|
65
|
21
|
ARDI
RAJIF FIRANDA
|
90
|
22
|
ABDUL AZIS AL FATAH
|
65
|
23
|
AGUNG DWI
FEBRIAN
|
70
|
24
|
RISKA INDRIYANTI
|
70
|
25
|
M RAFLI DWI
ANDRIANSYAH
|
65
|
26
|
REZA FEBRI RAHAYU
|
95
|
27
|
ROBBI SETIAWAN
|
75
|
28
|
RISWAN ANGGORO PUTRA
|
95
|
29
|
SEPTI JULIANI
PUTRI
|
65
|
30
|
YUSFI ARDIANSYAH
|
90
|
31
|
ACEP BURHANUDIN
|
65
|
JUMLAH
|
2365
|
|
RATA-RATA
|
76,2
|
|
KKM
|
60
|
Tabel 4.2
Hasil perbaikan pembelajaran
NILAI
|
JUMLAH SISWA
|
100
|
-
|
95
|
3
|
90
|
3
|
85
|
1
|
80
|
5
|
75
|
7
|
70
|
5
|
65
|
8
|
60
|
-
|
55
|
-
|
50
|
-
|
45
|
-
|
40
|
-
|
35
|
-
|
30
|
-
|
25
|
-
|
20
|
-
|
15
|
-
|
10
|
-
|
0
|
-
|
2.
SIKLUS 2
Pada siklus II hasil yang di peroleh siswa ada
peningkatan dari sebelumnya yaitu nilai rata rata 81,2 dari jumlah 31 orang
.hal ini disebabkan karena guru menggunakan metode diskusi ,siswa di libatkan
penggunaan metode tersebut serta dibimbing dalam menyimpulkan materi pelajaran
sesuai dengan penggunaan media tersebut .untuk lebih jelasnya tertera pada
table berikut :
Tabel 4.3
Hasil evaluasi pembelajaran Matematika siklus 2
NO
|
NAMA SISWA
|
NILAI
|
1
|
DECKY MAHARDIKA ADIPRATAMA
|
70
|
2
|
GALIH OKTIANA
|
100
|
3
|
HENDRIK SAPUTRA
|
90
|
4
|
IRPAN IRAWAN
|
80
|
5
|
ADAM ROHMAN
|
80
|
6
|
ALDY GUMELAR PRATAMA
|
95
|
7
|
ANTRI HIDAYANTI
|
70
|
8
|
ARYA ADIKA PRATAMA
|
85
|
9
|
ASTRIE MUTIARA SARI
|
85
|
10
|
AZMI ARAHMAN FAUZI
|
80
|
11
|
BILLY RHOMANTICKA
ADIRAZA AS
|
80
|
12
|
DINDA AGNISA FRATAMY
|
85
|
13
|
GHEA AMELIA ELVANY
|
80
|
14
|
ILHAM AHMAD FAUZI
|
75
|
15
|
NANDAH ANDINA PUTRI
|
85
|
16
|
NISA FEBRI RAHAYU
|
70
|
17
|
RITA NURYANI
|
75
|
18
|
RIZKY INSAN NURKHALIQ
|
85
|
19
|
SHELLA SELVINA
|
80
|
20
|
RADITIYA RANGGA UTAMA
|
70
|
21
|
ARDI RAJIF FIRANDA
|
95
|
22
|
ABDUL AZIS AL FATAH
|
70
|
23
|
AGUNG DWI FEBRIAN
|
75
|
24
|
RISKA INDRIYANTI
|
75
|
25
|
M RAFLI DWI ANDRIANSYAH
|
70
|
26
|
REZA FEBRI RAHAYU
|
100
|
27
|
ROBBI SETIAWAN
|
80
|
28
|
RISWAN ANGGORO PUTRA
|
100
|
29
|
SEPTI JULIANI PUTRI
|
70
|
30
|
YUSFI ARDIANSYAH
|
95
|
31
|
ACEP BURHANUDIN
|
70
|
JUMLAH
|
2520
|
|
RATA-RATA
|
81,2
|
|
KKM
|
60
|
Tabel 4.4
Hasil perbaikan pembelajaran
NILAI
|
JUMLAH SISWA
|
100
|
3
|
95
|
3
|
90
|
1
|
85
|
5
|
80
|
7
|
75
|
4
|
70
|
8
|
65
|
-
|
60
|
-
|
55
|
-
|
50
|
-
|
45
|
-
|
40
|
-
|
35
|
-
|
30
|
-
|
25
|
-
|
20
|
-
|
15
|
-
|
10
|
-
|
Tabel 4.5
Hasil evaluasi pembelajaran Matematika siklus 2
NO
|
NAMA SISWA
|
Siklus 1
|
Siklus 2
|
Jumlah
|
Rata –rata
|
%
|
1
|
DECKY MAHARDIKA ADIPRATAMA
|
65
|
70
|
135
|
67,5
|
67
|
2
|
GALIH OKTIANA
|
95
|
100
|
195
|
97,5
|
97
|
3
|
HENDRIK SAPUTRA
|
85
|
90
|
175
|
87,5
|
87
|
4
|
IRPAN IRAWAN
|
75
|
80
|
155
|
77,5
|
77
|
5
|
ADAM ROHMAN
|
75
|
80
|
155
|
77,5
|
77
|
6
|
ALDY GUMELAR PRATAMA
|
90
|
95
|
185
|
92,5
|
92
|
7
|
ANTRI HIDAYANTI
|
65
|
70
|
135
|
67,5
|
67
|
8
|
ARYA ADIKA PRATAMA
|
80
|
85
|
165
|
82,5
|
82
|
9
|
ASTRIE MUTIARA SARI
|
80
|
85
|
165
|
77,5
|
82
|
10
|
AZMI ARAHMAN FAUZI
|
75
|
80
|
155
|
77,5
|
77
|
11
|
BILLY RHOMANTICKA
ADIRAZA AS
|
75
|
80
|
155
|
82,5
|
77
|
12
|
DINDA AGNISA FRATAMY
|
80
|
85
|
165
|
77,5
|
82
|
13
|
GHEA AMELIA ELVANY
|
75
|
80
|
155
|
72,5
|
77
|
14
|
ILHAM AHMAD FAUZI
|
70
|
75
|
145
|
82,5
|
72
|
15
|
NANDAH ANDINA PUTRI
|
80
|
85
|
165
|
67,5
|
82
|
16
|
NISA FEBRI RAHAYU
|
65
|
70
|
135
|
72,5
|
67
|
17
|
RITA NURYANI
|
70
|
75
|
145
|
77,5
|
72
|
18
|
RIZKY INSAN NURKHALIQ
|
80
|
85
|
160
|
67,5
|
80
|
19
|
SHELLA SELVINA
|
75
|
80
|
155
|
92,5
|
77
|
20
|
RADITIYA RANGGA UTAMA
|
65
|
70
|
135
|
67,5
|
67
|
21
|
ARDI RAJIF FIRANDA
|
90
|
95
|
185
|
72,5
|
92
|
22
|
ABDUL AZIS AL FATAH
|
65
|
70
|
135
|
72,5
|
67
|
23
|
AGUNG DWI FEBRIAN
|
70
|
75
|
145
|
67,5
|
72
|
24
|
RISKA INDRIYANTI
|
70
|
75
|
145
|
97,5
|
72
|
25
|
M RAFLI DWI ANDRIANSYAH
|
65
|
70
|
135
|
77,5
|
67
|
26
|
REZA FEBRI RAHAYU
|
95
|
100
|
195
|
97,5
|
97
|
27
|
ROBBI SETIAWAN
|
75
|
80
|
155
|
77,5
|
77
|
28
|
RISWAN ANGGORO PUTRA
|
95
|
100
|
195
|
97,5
|
97
|
29
|
SEPTI JULIANI PUTRI
|
65
|
70
|
135
|
67,5
|
67
|
30
|
YUSFI ARDIANSYAH
|
90
|
95
|
185
|
92,5
|
92
|
31
|
ACEP BURHANUDIN
|
65
|
70
|
135
|
67,5
|
67
|
JUMLAH
|
2520
|
2365
|
2520
|
2580
|
|
|
RATA-RATA
|
81,2
|
76,2
|
81,2
|
83,2
|
|
B.
Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Pembahasan
merupakan hasil dari refleksi ke 2 siklus dri mata pelajaran matematika
sehingga di temukan adanya perubahan /peningkatan hasil nilai drai rata rata
yang di peroleh siswa ,perubahan yang terjadi itu diantaranya :
a.
Guru dalam
menjelaskan materi pembelajaran tidak tergesa gesa tidak terlalu cepat sehingga
,siswa dalam menerima pelajaran mudah untuk mengikutinya serta dapat di
mengerti oleh siswa.
b.
Dalam perbaikan
pembelajaran guru member kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengajukan
pertanyaan apa yang belum mereka ketahui .
c.
Pada proses
pembelajaran berlangsung mengenai perbaikan pembelajaran guru menggunakan media
pembelajaran yang relavan .
d.
Guru menggunakan
metode diskusi sebagai salah satu metode dalam pembelajaran.
.
Matematika menurut Ruseffendi
Matematika adalah bahasa simbol,
ilmu deduktif, yang tidak menerima pembuktian secara induktif, ilmu tentang
pola keteraturan, ilmu tentang struktur yang terorganisasi. (Ruseffendi, 1991:
12)
2.
Matematika menurut Soejadi
Matematika adalah suatu ilmu yang
memiliki objek tujuan abstrak, bertumpu pada kesepakatan dan berpola pikir
deduktif. (Soejadi, 2000: 11)
3.
Matematika menurut Aristoteles
Matematika adalah ilmu tentang
kuantitas. (Aristoteles dalam Franklin, 2009: 104)
4.
Matematika menurut August Comte
Matematika adalah suatu ilmu
pengukuran tidak langsung, bagaimana menentuka jumlah yang tidak dapat diukur
secara langsung. (Comte, 1851: 20)
5.
Matematika menurut Peirce
Matematika adalah suatu ilmu yang
menggambarkan bagaimana penarikan suatu kesimpulan. (Pierce dalam Eves, 1997:
150)
BAB V
KESIMPULAN DAN
SARAN TINDAK LANJUT
1.
Kesimpulan
Berdasarkan
data yang diperoleh dan diamati maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.
Dengan
menggunakan metode diskusi yang mengajak siswa secara aktif dan tertarik dalam
pembelajaran dan di dukung dengan perencanaan pengajaran yang matang baik itu
pemilihan pendekatan yang tepat kesiapan guru yang prima serta pelaksanaan
manajemen kelas yang baik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi
pembelajaran .
2.
Pelaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi ,kualitas pembelajaran
matematika pada siswa kelas VI SDN SANCANG 03 ,Tentang pecahan menjadi
meningkat hasil peningkatan nya adalah:
v Pada pra siklus rata rata hasil belajar siswa hanya
mencapai 65,5
v Pada siklus 1 rata rata hasil belajar meningkat
menjadi 76,2
v Pada siklus ke 2 rata rata hasil belajar menjadi
81,5 sehingga ketemuan belajar minimal menjadi 100 %
2 . Saran Tindak Lanjut
Berdasarkan kesimpulan dalam penelitian perbaikan
pembelajaran di atas ada beberapa hal yang perlu dilakukan guru dalam
meningkatkan mutu serta kualitas pembelajaran .dalam hal ini khususnya bagi
siswa untuk meningkatkan keaktifan didalam kelas pada saat proses pembelajaran
berlangsung yaitu:
a.
Pertanyaan
–pertanyaan yang di ajukan guru kepada siswa di cantumkan dalam rencana
pembelajaran .
b.
Siswa dilatih keterampilan untuk bertanya
kepada guru dalam KBM ,agar dapat mengembangkan minat siswa .
c.
Penguasaan
materi bukan hanya pengetahuan saja ,diperlukan juga keterampilan siswa dalam
memecahkan suatu masalah yang terjadi.
d.
Metode
pembelajaran diskusi lebih sering di gunakan sebagai alternative untuk
mengatasi kebosanan dalam belajar.
e.
Siswa sebaiknya
dibawa kedalam situasi yang menyenangkan dalam belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Daradjat Zakiah ,dkk 2008 metodologi pengajaran
agama islam ,PT Bumi Aksara Jakarta.
Riyadi ,Ali 2006 Politik pendidikan menggugat
Birokrasi pendidikan Nasional,
Rustaman nuryani ,dkk 2011 materi dan pembelajaran
matematika ,universitas Terbuka :Jakarta
Supriati amalia 2008 pembelajaran matematika di sd universitas
terbuka :Jakarta
Ruseffendi, E. T. 1993. Pendidikan Matematika
3 Modul 1-5. Jakarta : Universitas Terbuka
Soejadi, 2000. Kiat Pendidikan Matematika di
Indonesia. Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud
Franklin, James. 2009. Aristotelian Realism in
Philosophy of Mathematics. UK : Elsevier, ed.AD. Irvine
Comte, August. 1851. The Philosophy of
Mathematics. New York : Haper and Brother
Eves, Howard. 1997. Foundation and Fundamental
Concept of Mathematics. Boston : PWS-Kent
LAMPIRAN 5
Format
perencanaan perbaikan pembelajaran Matematika
Fakta /data pembelajaran yang terjadi di kelas
|
1.
Nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di bawah KKM
2.
Siswa kurang merespon pembelajaran yang menggunakan metode yang tidak
berubah .
|
Identifikasi masalah
|
1.
Siswa jarang mengajukan pertanyaan
sehingga siswa yang sulit mengerti semakin ketinggalan dalam penguasaan
pelajaran.
2.
Siswa kurang memperhatikan
penejlasan yang di berikan oleh gurusehingga tidak semua materi yang di
terima menyerap dalam memori siswa .
3.
Siswa sulit untuk mengungkapkan jawaban
dalam mengerjakan LKS melalui diskusi
|
Analisis masalah
|
1.
Guru dalam menyampaikan materi
tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya .
2.
Penggunaan metode yang monoton
(tidak bervariasi)
|
Alternative dan prioritas pemecahan masalah
|
Dalam proses
perbaikan yang di ambil dari masalah yang ditemui selama pembelajaran ditemui
suatu metode yang di rasakan cocok untuk meminimalisir permasalahan yang
terjadi pada proses mengajar di kelas .Metode tersebut adalah metode diskusi
,yaitu suatu metode yang dilakukan dengan cara mengajak siswa ikut aktif
dalam proses pembelajaran dengan mendiskusikan setiap materi yang sedang
dipelajari .
Diharapkan dengan
metode ini dapat meningkatkan kemampuan professional yang berdasarkan pada
keleluasaan dan kedalaman wawasan yang digunakan guru sebagai landasan dalam
mengambil keputusan dan mampu meningkatkan dan mendorong motivasi siswa untuk
belajar lebih baik .
|
Rumusan masalah
|
Apakah penerapan
metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri
Sancang 03 Matematika tentang pecahan ?
|
LAMPIRAN 7
Hasil Pekerjaan
Siswa yang Terbaik dan Terendah Per Siklus
Kriteria
|
Skor Evaluasi
|
|
Siklus
1
|
Siklus
2
|
|
Tertinggi
|
95
|
100
|
Terendah
|
65
|
70
|
Rentang
|
30
|
30
|
Rata – Rata
|
80
|
85
|
0 Response to "contoh laporan pkp (UT) UNIVERSITAS TERBUKA "