SILABUS DAN PROGRAM PEMBELAJARAN SDN 3 SANCANG


SILABUS DAN PROGRAM PEMBELAJARAN

Sekolah
:
SDN 3 SANCANG
Tema
:
1. Indahnya Kebersamaan
Subtema
:
1: Keberagaman Budaya Bangsaku
Kelas/Semester
:
4/1
Alokasi Waktu
:
24 Jam Pelajaran

Muatan Pembelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Tanggal
Program
Realisasi
Pembelajaran 1


Bahasa Indonesia
3.1  Menunjukkan gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual.

4.1  Menata informasi  yang didapat dari  teks berdasarkan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam  kerangka tulis
3.1.1  Mengidentifikasi gagasan  pokok dan gagasan  pendukung setiap paragraf  dari teks tulis.

4.1.1  Menyajikan gagasan utama  dan gagasan pendukung  setiap paragraf dari teks  tulis dalam bentuk peta  pikiran.
§  Gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual    
§  Menemukan gagasan pokok dan pendukung  dari teks tulis
§  Mengidentifikasi keberagaman yang ada di  sekitar
§  Melakukan percobaan cara menghasilkan  bunyi

Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§  Peduli, santun
Pengetahuan:
§  Gagasan pokok dan pendukung
§  Keberagaman sosial dan budya
§  Sifat-sifat bunyi
Keterampilan:
§  Mencari informasi, mengomunikasikan  hasil, analisis, dan menyimpulkan


IPS

3.2  Memahami keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia.

4.2  Menceritakan keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia

3.2.1  Mengidentifikasi  keragaman budaya, etnis,  dan agama dari temanteman di kelas sebagai  identitas bangsa Indonesia

4.2.1  Mengomunikasikan  secara lisan dan tulisan  keragaman budaya, etnis,  dan agama dari temanteman di kelas sebagai  identitas bangsa Indonesia
§  Keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia


IPA

3.6  Memahami sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran.

4.6  Menyajikan laporan  hasil pengamatan dan/ atau percobaan tentang  sifatsifat bunyi

3.6.1  Menjelaskan cara  menghasilkan bunyi.


4.6.1  Menyajikan laporan  pengamatan tentang cara  menghasilkan bunyi.
§  Sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran


Pembelajaran 2


Matematika
3.8  Menjelaskan segi banyak  beraturan dan segi banyak  tidak beraturan

4.8  Mengidentifikasi segi  banyak beraturan dan segi  banyak tidak beraturan
3.8.1  Menyebutkan contohcontoh segi banyak di  sekitar.

4.8.1  Menuliskan segi banyak  dalam bentuk diagram  frayer (contoh, bukan  contoh, ciri-ciri dan  definisi)
§  Segi banyak  beraturan dan segi banyak  tidak beraturan   
§  Menemukan ciri-ciri dari segi banyak
§  Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa)
§  Mengidentifikasi keberagaman yang ada di  sekitar


Kompetensi Yang Dikembangkan:
Sikap:
§  Peduli, santun
Keterampilan:
§  Olah tubuh, mengklasifikasikan,  mengkomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§  Segi banyak
§  Gerakan dasar tarian
§  Keberagaman


PPKn

3.4  Memahami berbagai  bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

.4.4  Bekerja sama dalam  berbagai bentuk  keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

3.4.1  Mempresentasikan  keberagaman suku bangsa,  sosial dan budaya di  Indonesia


4.4.1  Menjelaskan makna  persatuan dan kesatuan  dalam keberagaman


§  Bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan


SBdP

3.3  Memahami dasar-dasar  gerak tari daerah

4.3  Meragakan dasar-dasar  gerak tari daerah

3.3.1  Mengidentifikasi dasardasar gerakan tari  Bungong Jeumpa.

4.3.1  Siswa mempraktikkan  gerak dasar tari Bungong Jeumpa dengan hitungan  dari guru

§  Dasar-dasar  gerak tari daerah


Pembelajaran 3


Bahasa Indonesia
3.1  Menunjukkan gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual.

4.1  Menata informasi  yang didapat dari  teks berdasarkan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam  kerangka tulis

3.1.1  Mengidentifikasi gagasan  pokok dan gagasan  pendukung setiap paragraf  dari teks tulis.

4.1.1  Menyajikan gagasan utama  dan gagasan pendukung  setiap paragraf dari teks  tulis dalam bentuk peta  pikiran.



§  Gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual   
§   
§  Menemukan pola yang terbentuk dari data  masuk dan data keluar
§  Mencari informasi keanekaragaman sumber  daya unggulan daerah
§  Menjelaskan pengaruh perbedaan waktu


Kompetensi Yang Dikembangkan:
Sikap:
§  Peduli, santun
Keterampilan:
§  Jalan, lari, lompat, analisi dan  menyimpulkan, mencari informasi
Pengetahuan:
§  Gerak dasar lokomotor nonlokomotor
§  Sifat-sifat bunyi merambat
§  Gagasan pokok dan pendukung


PJOK


3.1  Memahami prosedur  variasi pola gerak dasar  lokomotor, non-lokomotor,  dan manipulatif sesuai  dengan konsep tubuh,  ruang, usaha, dan  keterhubungan dalam  permainan bola besar  sederhana dan atau  tradisional.


4.1  Mempraktikkan prosedur  variasi pola gerak dasar  lokomotor, non-lokomotor,  dan manipulatif sesuai  dengan konsep tubuh,  ruang, usaha, dan  keterhubungan dalam  permainan bola besar  sederhana dan atau  tradisional.


3.1.1  Menjelaskan aturan main Bentengan dan Gobak  Sodor sebagai salah  satu bentuk permainan  tradisional yang  mempraktikan variasi pola  gerak dasar lokomotor kesatuan  dalam keberagaman

4.2.1   Menulis gagasan pokok  dan gagasan pendukung  dari teks yang dibaca



§  Variasi pola gerak dasar  lokomotor, non-lokomotor


IPA

3.6  Memahami sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran.

4.6  Menyajikan laporan  hasil pengamatan dan/ atau percobaan tentang  sifatsifat bunyi

3.6.2 Menjelaskan sifatsifat  bunyi merambat


4.6.2 Menyajikan laporan hasil  percobaan tentang sifatsifat bunyi merambat
.
§  Sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran


Pembelajaran 4


Bahasa Indonesia
3.1  Menunjukkan gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual.

4.1  Menata informasi  yang didapat dari  teks berdasarkan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam  kerangka tulis

3.1.1  Mengidentifikasi gagasan  pokok dan gagasan  pendukung setiap paragraf  dari teks tulis.

4.1.1  Menyajikan gagasan utama  dan gagasan pendukung  setiap paragraf dari teks  tulis dalam bentuk peta  pikiran.

§  Gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual   
§  Membedakan segi banyak beraturan dan  tidak beraturan
§  Menemukan gagasan pokok dan pendukung  dari teks
§  Mendemostrasikan pentingnya persatuan  dan kesatuan

Kompetensi Yang Dikembangkan:
Sikap:
§  Peduli, santun
Keterampilan:
§  mengklasifikasikan, mencari informasi,  mengomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§  Segi banyak beraturan dan tak beraturan
§  Gagasan pokok dan pendukung
§  Persatuan dan kesatuan


Matematika
3.8  Menjelaskan segi banyak  beraturan dan segi banyak  tidak beraturan

4.8  Mengidentifikasi segi  banyak beraturan dan segi  banyak tidak beraturan
3.8.1  Menyebutkan contoh contoh segi banyak di  sekitar.

4.8.1  Menuliskan segi banyak  dalam bentuk diagram  frayer (contoh, bukan  contoh, ciri-ciri dan  definisi)
§  Segi banyak  beraturan dan segi banyak  tidak beraturan


PPKn

3.4  Memahami berbagai  bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan.

4.4  Bekerja sama dalam  berbagai bentuk  keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

3.4.2 Menjelaskan pentingnya  sikap persatuan dan  kesatuan dalam  keberagaman.


4.4.2 Menemukan contohcontoh sikap persatuan  dan kesatuan dalam  keberagaman di  lingkungan

§  Berbagai  bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan


Pembelajaran 5


Matematika
3.8  Menjelaskan segi banyak  beraturan dan segi banyak  tidak beraturan

4.8  Mengidentifikasi segi  banyak beraturan dan segi  banyak tidak beraturan
3.8.3 Menjelaskan segi banyak  beraturan dan segi banyak  tidak beraturan.

4.8.3 Menyajikan segi banyak  beraturan dan tak  beraturan dalam diagram  frayer

§  Segi banyak  beraturan dan segi banyak  tidak beraturan   
§  Membedakan segi banyakberaturan dan tidak  beraturan
§  Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa)
§  Menyajikan keberagaman yang terdapat di  sekitar


Kompetensi Yang Dikembangkan:
Sikap:
§  Santun
Keterampilan:
§  mengklasifikasikan, mencari informasi,  mengomunikasikan hasil Pengetahuan:
§  Mengklasifikasikan, mengomunikasikan  hasil, olah tubuh


SBdP

3.3  Memahami dasar-dasar  gerak tari daerah


4.3  Meragakan dasar-dasar  gerak tari daerah

3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar  gerak tari Bungong Jeumpa  dalam posisi duduk
.
4.3.2 Mempraktikkan dasar dasar gerak tari Bungong  Jeumpa dalam posisi  duduk

§  Dasar-dasar  gerak tari daerah


IPS

3.2  Memahami keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia.

4.2  Menceritakan keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia

3.2.2 Menjelaskan keragaman  sosial dan budaya provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia secara  tertulis dan lisan

4.2.2 Menyajikan keragaman  sosial dan budaya provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia secara  tertulis dan lisan
§  Keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia


Pembelajaran 6


PPKn

3.4  Memahami berbagai  bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

.4.4  Bekerja sama dalam  berbagai bentuk  keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

3.4.1  Mempresentasikan  keberagaman suku bangsa,  sosial dan budaya di  Indonesia


4.4.1  Menjelaskan makna  persatuan dan kesatuan  dalam keberagaman


§  Berbagai  bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan
§  Menemukan gagasan pokok dan gagasan  pendukung dari teks
§  Menyajika keberagaman yang terdapat di  wilayah sekitar
§  Mempraktikka prosedur gerak dasar jalan,  lari, lompat dalam permainan bentengbentengan dan gobak sodor

Kompetensi Yang Dikembangkan:
Sikap:
§  Santun
§  Keterampilan:
§  Mencari informasi, mengomunikasikan  hasil, lokomotor
Pengetahuan:
§  Gagasan pokok dan gagasan pendukung
§  Persatuan dan Kesatuan
§  Gerak dasar lokomotor


Bahasa Indonesia
3.1  Menunjukkan gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual.

4.1  Menata informasi  yang didapat dari  teks berdasarkan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam  kerangka tulis
3.1.1  Mengidentifikasi gagasan  pokok dan gagasan  pendukung setiap paragraf  dari teks tulis.

4.1.1  Menyajikan gagasan utama  dan gagasan pendukung  setiap paragraf dari teks  tulis dalam bentuk peta  pikiran.

§  Gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual  


PJOK


3.1  Memahami prosedur  variasi pola gerak dasar  lokomotor, non-lokomotor,  dan manipulatif sesuai  dengan konsep tubuh,  ruang, usaha, dan  keterhubungan dalam  permainan bola besar  sederhana dan atau  tradisional.


4.1  Mempraktikkan prosedur  variasi pola gerak dasar  lokomotor, non-lokomotor,  dan manipulatif sesuai  dengan konsep tubuh,  ruang, usaha, dan  keterhubungan dalam  permainan bola besar  sederhana dan atau  tradisional.


3.1.1  Menjelaskan aturan main Bentengan dan Gobak  Sodor sebagai salah  satu bentuk permainan  tradisional yang  mempraktikan variasi pola  gerak dasar lokomotor kesatuan  dalam keberagaman

4.2.1   Menulis gagasan pokok  dan gagasan pendukung  dari teks yang dibaca



§  Variasi pola gerak dasar  lokomotor, non-lokomotor














SILABUS DAN PROGRAM PEMBELAJARAN

Sekolah
:
______________________________
Tema
:
1. Indahnya Kebersamaan
Subtema
:
2: Kebersamaan dalam Keberagaman
Kelas/Semester
:
4/1
Alokasi Waktu
:
24 Jam Pelajaran

Muatan Pembelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Tanggal
Program
Realisasi
Pembelajaran 1
IPS

3.2  Memahami keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia.

4.2  Menceritakan keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia

3.2.1  Mengidentifikasi  keragaman budaya, etnis,  dan agama dari temanteman di kelas sebagai  identitas bangsa Indonesia

4.2.1  Mengomunikasikan  secara lisan dan tulisan  keragaman budaya, etnis,  dan agama dari temanteman di kelas sebagai  identitas bangsa Indonesia


§  Keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama

§  Menemukan gagasan pokok dan  pendukung dari teks tulis
§  Melakukan percobaan
§  Mendiskusikan pentingnya kerjasama dan  saling menghargai dalam keberagaman


Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§  Peduli, santun
Pengetahuan:
§  Gagasan pokok dan pendukung
§  Sumber bunyi dan proses terjadinya bunyi
§  Keberagaman agama
Keterampilan:
§  Menemukan informasi, menganalisis dan  menyimpulkan, mengomunikasikan hasil


Bahasa Indonesia
3.1  Menunjukkan gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual.

4.1  Menata informasi  yang didapat dari  teks berdasarkan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam  kerangka tulis
3.1.2  Mengidentifikasi gagasan  pokok dan gagasan  pendukung setiap paragraf  dari teks tulis.

4.1.2  Menyajikan gagasan utama  dan gagasan pendukung  setiap paragraf dari teks  tulis dalam bentuk peta  pikiran..

§  Gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual  
IPA

3.6  Memahami sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran.

4.6  Menyajikan laporan  hasil pengamatan dan/ atau percobaan tentang  sifatsifat bunyi

3.6.4 Mengidentifikasi sumber  bunyi



4.6.3 Menyajikan laporan  percobaan tentang sumber  bunyi

.
§  Sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran
Pembelajaran 2
Matematika

3.12  Menjelaskan dan  menentukan ukuran sudut  pada bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat.

4.12  Mengukur sudut pada  bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat


3.12.3 Menentukan besar sudut  dalam pada segi banyak



4.12.3 Menjelaskan  hubungan  banyak sisi dan besar  sudut pada segi banyak  beraturan
§  Ukuran sudut  pada bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat.
§  Mendiskusikan pentingnya kerjasama
§  Mengukur sudut
§  Menari tarian daerah (Bongong Jeumpa)

Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§  Peduli, santun
Keterampilan:
§  Olah tubuh, mengukur, mengomunikasikan  hasil
Pengetahuan:
§  Sudut
§  Kerjasama
§  Pola lantai tari



PPKn

3.4  Memahami berbagai  bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

.4.4  Bekerja sama dalam  berbagai bentuk  keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

3.4.5 Menjelaskan bahwa  keberagaman akan  memperkaya ketika  bekerjasama.

4.4.5 Menceritakan pengalaman  diri bekerjasama dalam  keberagaman


§  Bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan  
SBdP

3.3  Memahami dasar-dasar  gerak tari daerah

4.3  Meragakan dasar-dasar  gerak tari daerah

3.3.1  Mengidentifikasi dasardasar gerakan tari  Bungong Jeumpa.

4.3.3 Mempraktikkan tarian  Bungong Jeumpa dengan  formasi dan iringan musik
§  Dasar-dasar  gerak tari daerah
Pembelajaran 3
PJOK


3.1  Memahami prosedur  variasi pola gerak dasar  lokomotor, non-lokomotor,  dan manipulatif sesuai  dengan konsep tubuh,  ruang, usaha, dan  keterhubungan dalam  permainan bola besar  sederhana dan atau  tradisional.


4.1  Mempraktikkan prosedur  variasi pola gerak dasar  lokomotor, non-lokomotor,  dan manipulatif sesuai  dengan konsep tubuh,  ruang, usaha, dan  keterhubungan dalam  permainan bola besar  sederhana dan atau  tradisional.


3.1.1  Menjelaskan aturan main Bentengan dan Gobak  Sodor sebagai salah  satu bentuk permainan  tradisional yang  mempraktikan variasi pola  gerak dasar lokomotor kesatuan  dalam keberagaman

4.1.5 Mempraktikan permainan  Engklek sebagai salah  satu bentuk permainan  tradisional yang  mempraktikan variasi pola  gerak dasar lokomotor



§  Variasi pola gerak dasar  lokomotor, non-lokomotor.

§  Melakukan permainan tradisional Bakiak
§  Melakukan percobaan
§  Menemukan gagasan pokok dan  pendukung dari teks tulis

§  Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§  Peduli, santun
Keterampilan:
§  Jalan, menganalisis dan menyimpulkan,  menemukan informasi
Pengetahuan:
§  Gerak dasar lokomotor
§  Bagian-bagian indera telinga
§  Gagasan pokok dan pendukung


Bahasa Indonesia
3.1  Menunjukkan gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual.
3.2  Memetakan keterhubungan  antargagasan yang didapat  dari teks lisan, tulis, atau  visual


4.1  Menata informasi  yang didapat dari  teks berdasarkan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam  kerangka tulis
4.2  Menyajikan hasil penataan  informasi sesuai dengan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam tulisan

3.1.1  Mengidentifikasi gagasan  pokok dan gagasan  pendukung setiap paragraf  dari teks tulis.





4.1.1  Menyajikan gagasan utama  dan gagasan pendukung  setiap paragraf dari teks  tulis dalam bentuk peta  pikiran.

§  Gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual  
IPA

3.6  Memahami sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran.

4.6  Menyajikan laporan  hasil pengamatan dan/ atau percobaan tentang  sifatsifat bunyi

3.6.2 Menjelaskan sifatsifat  bunyi merambat


4.6.2 Menyajikan laporan hasil  percobaan tentang sifatsifat bunyi merambat
.
§  Sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran
Pembelajaran 4
Bahasa Indonesia
3.2  Memetakan keterhubungan  antar gagasan yang didapat  dari teks lisan, tulis, atau  visual


4.2  Menyajikan hasil penataan  informasi sesuai dengan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam tulisan

3.2.1   Mengidentifikasi gagasan  pokok dan gagasan  pendukung



4.2.1   Menulis gagasan pokok  dan gagasan pendukung  dari teks yang dibaca
.

§  Keterhubungan  antar gagasan yang didapat  dari teks lisan, tulis, atau  visual.
§  Menemukan gagasan pokok dan  pendukung dari teks
§  Mendiskusikan pentingnya kerjasama  dalam keberagaman
§  Mengukur sudut pada bangun datar

Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§   Peduli, santun
Keterampilan:
§  Mengukur, Mengidentifikasi,   mengomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§  Sudut
§  Kerjasama
§  Gagasan pokok dan pendukung



PPKn

3.4  Memahami berbagai  bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

.4.4  Bekerja sama dalam  berbagai bentuk  keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

3.4.5 Menjelaskan bahwa  keberagaman akan  memperkaya ketika  bekerjasama.

4.4.5 Menceritakan pengalaman  diri bekerjasama dalam  keberagaman


§  Bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  
Matematika

3.12  Menjelaskan dan  menentukan ukuran sudut  pada bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat.

4.12  Mengukur sudut pada  bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat


3.12.3 Menentukan besar sudut  dalam pada segi banyak



4.12.3 Menjelaskan  hubungan  banyak sisi dan besar  sudut pada segi banyak  beraturan
§  Ukuran sudut  pada bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat
Pembelajaran 5
Matematika
3.8  Menjelaskan segi banyak  beraturan dan segi banyak  tidak beraturan



4.8  Mengidentifikasi segi  banyak beraturan dan segi  banyak tidak beraturan
3.8.6 Membandingkan  hasil penaksiran dan  pengukuran sudut- sudut  yang terdapatdalam segi  banyak pada tangram
.
4.8.6 Menyajikan hasil  penaksiran dan  pengukuran sudut- sudut  yang terdapat dalam segi  banyak pada tangram

§  Segi banyak  beraturan dan segi banyak  tidak beraturan.
§  Mengukur sudut
§  Menceritakan perayaan hari besar agama
§  Menari tarian daerah Bungong Jeumpa

Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§  Peduli, santun
Keterampilan:
§  Mengukur, mengomunikasikan hasil, olah  tubuh
Pengetahuan:
§  Sudut
§  Keberagaman di Wilayah Sekitar
§  Pola Lantai dalam Tari



SBdP

3.3  Memahami dasar-dasar  gerak tari daerah


4.3  Meragakan dasar-dasar  gerak tari daerah

3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar  gerak tari Bungong Jeumpa  dalam posisi duduk

4.3.2 Mempraktikkan dasar dasar gerak tari Bungong  Jeumpa dalam posisi  duduk
§  Dasar-dasar  gerak tari daerah  
IPS

3.2  Memahami keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia.

4.2  Menceritakan keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia

3.2.4 Menyajikan informasi  tentang keragaman sosial,  di provinsi setempat


4.2.4 Menyajikan informasi  tentang keragaman sosial  di provinsi setempat

§  Keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia
Pembelajaran 6
PPKn

3.4  Memahami berbagai  bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

.4.4  Bekerja sama dalam  berbagai bentuk  keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

3.4.1  Mempresentasikan  keberagaman suku bangsa,  sosial dan budaya di  Indonesia


4.4.1  Menjelaskan makna  persatuan dan kesatuan  dalam keberagaman


§  Segi banyak  beraturan dan segi banyak  tidak beraturan.
§  Menceritakan pengalaman bekerja sama
§  Meringkas teks “Perbedaan Bukanlah  Penghalang”
§  Mempraktikkan gerak dasar jalan dalam  permainan bakiak

Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§  Peduli, santun
Keterampilan:
§  Gerak dasar lokomotor
§  Mengomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§  Kerja sama
§  Meringkas
§  Gerakan lokomotor dalam permainan bakiak


Bahasa Indonesia
3.1  Menunjukkan gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual.

4.1  Menata informasi  yang didapat dari  teks berdasarkan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam  kerangka tulis

3.1.1  Mengidentifikasi gagasan  pokok dan gagasan  pendukung setiap paragraf  dari teks tulis.

4.1.1  Menyajikan gagasan utama  dan gagasan pendukung  setiap paragraf dari teks  tulis dalam bentuk peta  pikiran.

§  Dasar-dasar  gerak tari daerah  
PJOK

3.3  Memahami prosedur  variasi pola gerak dasar  jalan, lari, lompat, dan  lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi  dan atau olahraga  tradisional.

4.3  Mempraktikkan prosedur  variasi pola gerak dasar  jalan, lari, lompat, dan  lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi  dan atau olahraga  tradisional.

3.3.2 Menjelaskan prosedur  variasi pola gerak dasar  jalan, lari, lompat melalui  permainan bakiak

4.3.2 Mempraktikkan prosedur  variasi pola gerak dasar  jalan, lari, lompat melalui  permainan bakiak

§  Keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia.






SILABUS DAN PROGRAM PEMBELAJARAN

Sekolah
:
______________________________
Tema
:
1. Indahnya Kebersamaan
Subtema
:
3: Bersyukur atas Keberagaman
Kelas/Semester
:
4/1
Alokasi Waktu
:
24 Jam Pelajaran

Muatan Pembelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Tanggal
Program
Realisasi
Pembelajaran 1
IPS

3.2  Memahami keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia.

4.2  Menceritakan keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia

3.2.5 Menjelaskan pengalaman  sikap menghargai  maknanan tradisional  sebagai identitas bangsa  Indonesia


4.2.5 Mengomunikasikan  pengalaman sikap  menghargai makanan  tradisional sebagai  identitas bangsa Indonesia
§  Keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia.
§  Menemukan gagasan pokok dan  pendukung dari teks lisan.
§  Menceritakan pengalaman diri  bekerjasama dalam keberagaman.
§  Melakukan percobaan.

Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§  Peduli, santun
Pengetahuan:
§  Gagasan pokok dan pendukung
§  Kerjasama
§  Sifat bunyi memantul dan meyerap
Keterampilan:
§  Menemukan informasi, mengomunikasikan  hasil, menganalisis dan menyimpulkan



Bahasa Indonesia
3.2  Memetakan keterhubungan  antar gagasan yang didapat  dari teks lisan, tulis, atau  visual


4.2  Menyajikan hasil penataan  informasi sesuai dengan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam tulisan

3.2.2 Mengidentifikasi gagasan  pokok dan gagasan  pendukung setiap paragraf  dari teks lisan.


4.2.2 Menyajikan gagasan utama  dan gagasan pendukung  setiap paragraf dari teks  lisan dalam bentuk peta  pikiran.
§  Keterhubungan  antar gagasan yang didapat  dari teks lisan, tulis, atau  visual  
IPA

3.6  Memahami sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran.

4.6  Menyajikan laporan  hasil pengamatan dan/ atau percobaan tentang  sifatsifat bunyi

3.6.5 Menjelaskan sifat-sifat  bunyi memantul menyerap


4.6.5 Membuat peta pikiran tentang sifat bunyi  memantul dan menyerap.
§  Sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran
Pembelajaran 2
Matematika

3.12  Menjelaskan dan  menentukan ukuran sudut  pada bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat.

4.12  Mengukur sudut pada  bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat

3.12.3 Menentukan besar sudut  dalam pada segi banyak



4.12.3 Menjelaskan  hubungan  banyak sisi dan besar  sudut pada segi banyak  beraturan
§  Menentukan ukuran sudut  pada bangun datar.

§  Menemukan hubungan antara sisi dan  sudut pada segi banyak beraturan.
§  Menari tarian daerah (Bongong Jeumpa).
§  Mendiskusikan pentingnya kerjasama  dalam keberagaman

Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§  Peduli, santun
Keterampilan:
§  Mengukur, mengkomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§   Sudut
§  Kerjasama
§  Gagasan pokok dan pendukung



PPKn

3.4  Memahami berbagai  bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

.4.4  Bekerja sama dalam  berbagai bentuk  keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

3.4.5 Menjelaskan bahwa  keberagaman akan  memperkaya ketika  bekerjasama.


4.4.5 Menceritakan pengalaman  diri bekerjasama dalam  keberagaman


§  Bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan  
SBdP

3.3  Memahami dasar-dasar  gerak tari daerah

4.3  Meragakan dasar-dasar  gerak tari daerah

3.3.1  Mengidentifikasi dasardasar gerakan tari  Bungong Jeumpa.

4.3.3 Mempraktikkan tarian  Bungong Jeumpa dengan  formasi dan iringan musik
§  Dasar-dasar  gerak tari daerah
Pembelajaran 3
PJOK


3.1  Memahami prosedur  variasi pola gerak dasar  lokomotor, non-lokomotor,  dan manipulatif sesuai  dengan konsep tubuh,  ruang, usaha, dan  keterhubungan dalam  permainan bola besar  sederhana dan atau  tradisional.


4.1  Mempraktikkan prosedur  variasi pola gerak dasar  lokomotor, non-lokomotor,  dan manipulatif sesuai  dengan konsep tubuh,  ruang, usaha, dan  keterhubungan dalam  permainan bola besar  sederhana dan atau  tradisional.

3.1.5 Menjelaskan aturan  permainan Engklek  sebagai salah satu bentuk  permainan tradisional yang  mempraktikan variasi pola  gerak dasar lokomotor



4.1.5  Mempraktikan permainan  Engklek sebagai salah  satu bentuk permainan  tradisional yang  mempraktikan variasi pola  gerak dasar lokomotor

§  variasi pola gerak dasar  lokomotor, non-lokomotor.
§  Melakukan permainan tradisional engklek.
§  Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks lisan.
§  Melakukan percobaan.

Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§  Peduli, santun
Keterampilan:
§  Lompat, menemukan informasi, menganalisis dan menyimpulkan,
Pengetahuan:
§  Gerak dasar lokomotor
§   Gagasan pokok dan pendukung
§  Sifat bunyi memantul dan menyerap


Bahasa Indonesia
3.2  Memetakan keterhubungan  antar gagasan yang didapat  dari teks lisan, tulis, atau  visual

4.2  Menyajikan hasil penataan  informasi sesuai dengan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam tulisan

3.2.3 Mengidentifikasi gagasan  pokok dan gagasan  pendukung setiap paragraf  dari utama dan gagasan  pendukung setiap paragraf  dari teks lisan dalam  bentuk peta pikiran
.
§  keterhubungan  antar gagasan yang didapat  dari teks lisan, tulis, atau  visual  
IPA

3.6  Memahami sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran.

4.6  Menyajikan laporan  hasil pengamatan dan/ atau percobaan tentang  sifatsifat bunyi

3.6.5 Menjelaskan sifat-sifat  bunyi memantul menyerap


4.6.5 Membuat peta pikiran tentang sifat bunyi  memantul dan menyerap.
§  Sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran
Pembelajaran 4
PPKn

3.4  Memahami berbagai  bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

.4.4  Bekerja sama dalam  berbagai bentuk  keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

3.4.6 Menjelaskan keberagaman  yang ada dari temantemannya
.

4.4.6 Menceritakan pengalaman  diri bekerjasama dalam  perbedaan


§  Bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan.
§  Menceritakan pengalaman diri  bekerjasama dalam keberagaman.
§  Menemukan jumlah sudut pada segitiga.
§  Menemukan gagasan pokok dan  pendukung dari teks.

Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§  Peduli, santun
Keterampilan:
§  Mengukur, Menyimpulkan,  mengkomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§  Sudut pada segitiga
§  Kerjasama
§  Gagasan pokok dan pendukung


Bahasa Indonesia
3.2  Memetakan keterhubungan  antar gagasan yang didapat  dari teks lisan, tulis, atau  visual

4.2  Menyajikan hasil penataan  informasi sesuai dengan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam tulisan
3.2.1   Mengidentifikasi gagasan  pokok dan gagasan  pendukung


4.2.1   Menulis gagasan pokok  dan gagasan pendukung  dari teks yang dibaca
§  Keterhubungan  antar gagasan yang didapat  dari teks lisan, tulis, atau  visual  
Matematika

3.12  Menjelaskan dan  menentukan ukuran sudut  pada bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat.

4.12  Mengukur sudut pada  bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat

3.12.4 Mengidentifikasi  jumlah  besar sudut pada segitiga  yang berbeda-beda.


4.12.4 Memberikan nama segitiga  berdasarkan sudutnya
§  Menentukan ukuran sudut  pada bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat
Pembelajaran 5
Matematika

3.12  Menjelaskan dan  menentukan ukuran sudut  pada bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat.

4.12  Mengukur sudut pada  bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat

3.12.6 Mengidentifikasi hubungan  antarsudut pada bangun  segiempat.
.

4.12.6 Menyajikan hasil analisis  tentang hubungan  antarsudut pada bangun  segiempat
§  Ukuran sudut  pada bangun datar dalam  satuan baku dengan  menggunakan busur  derajat..
§  Mempresentasikan keragaman sosial dan  budaya.
§  Menari tari Bungong Jeumpa.
§  Mengukur sudut.


Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§  Peduli, santun
Keterampilan:
§  Mengukur, olah tubuh, mengomunikasikan  hasil
Pengetahuan:
§  Sudut
§  Gerak dasar tari Bungong Jeumpa
§  Keragaman sosial dan budaya


IPS

3.2  Memahami keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia.

4.2  Menceritakan keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia

3.2.4 Menyajikan informasi  tentang keragaman sosial,  di provinsi setempat


4.2.4 Menyajikan informasi  tentang keragaman sosial  di provinsi setempat

§  Keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat  
SBdP

3.3  Memahami dasar-dasar  gerak tari daerah

4.3  Meragakan dasar-dasar  gerak tari daerah

3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar  gerak tari Bungong Jeumpa  dalam posisi duduk
.
4.3.2 Mempraktikkan dasar dasar gerak tari Bungong  Jeumpa dalam posisi  duduk.

§  Dasar-dasar  gerak tari daerah
Pembelajaran 6
PPKn

3.4  Memahami berbagai  bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

.4.4  Bekerja sama dalam  berbagai bentuk  keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan

3.4.2 Menjelaskan pentingnya  sikap persatuan dan  kesatuan dalam  keberagaman.

4.4.2 Menemukan contohcontoh sikap persatuan  dan kesatuan dalam  keberagaman di  lingkungan


§  Bentuk keberagaman suku,  bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang terikat  persatuan dan kesatuan..
§  Menceritakan sikap kerja sama.
§  Meringkas teks lisan Wedang Jahe.
§  Mempraktikkan gerak dasar lokomotor  dalam permainan engklek.


Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§  Peduli, santun
Keterampilan:
§  Gerak dasar lokomotor
§  Meringkas
§  Mengomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§  Kerja sama
§  Gagasan pokok dan pendukung
§  Gerak dasar lokomotor


Bahasa Indonesia
3.1  Menunjukkan gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual.

4.1  Menata informasi  yang didapat dari  teks berdasarkan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam  kerangka tulis
3.1.2  Mengidentifikasi gagasan  pokok dan gagasan  pendukung setiap paragraf  dari teks tulis.

4.1.2  Menyajikan gagasan utama  dan gagasan pendukung  setiap paragraf dari teks  tulis dalam bentuk peta  pikiran.

§  Gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual  
PJOK

3.3  Memahami prosedur  variasi pola gerak dasar  jalan, lari, lompat, dan  lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi  dan atau olahraga  tradisional.

4.3  Mempraktikkan prosedur  variasi pola gerak dasar  jalan, lari, lompat, dan  lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi  dan atau olahraga  tradisional.

3.3.3 Menjelaskan prosedur  variasi pola gerak dasar  jalan, lari, lompat melalui  permainan engklek



4.3.3 Mempraktikkan prosedur  variasi pola gerak dasar  jalan, lari, lompat melalui  permainan engklek
§  Variasi pola gerak dasar  jalan, lari, lompat, dan  lempar melalui permainan/ olahraga










0 Response to "SILABUS DAN PROGRAM PEMBELAJARAN SDN 3 SANCANG "