SILABUS DAN PROGRAM PEMBELAJARAN SDN 3 SANCANG
—
Senin, 24 September 2018
—
Add Comment
SILABUS
DAN PROGRAM PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SDN 3 SANCANG
|
Tema
|
:
|
1. Indahnya
Kebersamaan
|
Subtema
|
:
|
1: Keberagaman
Budaya Bangsaku
|
Kelas/Semester
|
:
|
4/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
24 Jam Pelajaran
|
Muatan Pembelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Tanggal
|
|
Program
|
Realisasi
|
|||||
Pembelajaran 1
|
|
|
||||
Bahasa
Indonesia
|
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung
yang diperoleh dari
teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat
dari teks
berdasarkan keterhubungan
antar gagasan
ke dalam kerangka
tulis
|
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
|
§ Gagasan pokok
dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks lisan, tulis,
atau visual
|
§
Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
§
Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekitar
§
Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi
Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§
Peduli, santun
Pengetahuan:
§
Gagasan pokok dan pendukung
§
Keberagaman sosial dan budya
§
Sifat-sifat bunyi
Keterampilan:
§
Mencari informasi, mengomunikasikan hasil, analisis, dan menyimpulkan
|
|
|
IPS
|
3.2 Memahami keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa
Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa
Indonesia
|
3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman di kelas
sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman di kelas
sebagai identitas bangsa Indonesia
|
§ Keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas bangsa Indonesia
|
|
|
|
IPA
|
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera
pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/ atau percobaan tentang sifatsifat
bunyi
|
3.6.1 Menjelaskan cara menghasilkan bunyi.
4.6.1 Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.
|
§ Sifat-sifat bunyi
dan keterkaitannya dengan
indera pendengaran
|
|
|
|
Pembelajaran 2
|
|
|
||||
Matematika
|
3.8 Menjelaskan segi banyak beraturan dan
segi banyak tidak
beraturan
4.8 Mengidentifikasi segi banyak
beraturan dan segi banyak
tidak beraturan
|
3.8.1 Menyebutkan contohcontoh segi banyak
di sekitar.
4.8.1 Menuliskan segi banyak dalam bentuk diagram frayer (contoh, bukan contoh, ciri-ciri dan definisi)
|
§
Segi banyak beraturan dan segi
banyak tidak beraturan
|
§
Menemukan ciri-ciri dari segi banyak
§
Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa)
§
Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekitar
Kompetensi Yang Dikembangkan:
Sikap:
§
Peduli, santun
Keterampilan:
§
Olah tubuh, mengklasifikasikan, mengkomunikasikan
hasil
Pengetahuan:
§
Segi banyak
§
Gerakan dasar tarian
§
Keberagaman
|
|
|
PPKn
|
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
.4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman
suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
|
3.4.1 Mempresentasikan keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia
4.4.1 Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
|
§
Bentuk keberagaman suku, bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan
|
|
|
|
SBdP
|
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari
daerah
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari
daerah
|
3.3.1 Mengidentifikasi dasardasar gerakan
tari Bungong Jeumpa.
4.3.1 Siswa mempraktikkan gerak dasar tari Bungong Jeumpa dengan
hitungan dari guru
|
§
Dasar-dasar gerak tari daerah
|
|
|
|
Pembelajaran 3
|
|
|
||||
Bahasa Indonesia
|
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat
dari teks berdasarkan keterhubungan
antar gagasan ke dalam kerangka tulis
|
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
|
§
Gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
§
|
§
Menemukan pola yang terbentuk dari data masuk dan data keluar
§
Mencari informasi keanekaragaman sumber daya unggulan daerah
§
Menjelaskan pengaruh perbedaan waktu
Kompetensi Yang Dikembangkan:
Sikap:
§
Peduli, santun
Keterampilan:
§
Jalan, lari, lompat, analisi dan menyimpulkan,
mencari informasi
Pengetahuan:
§
Gerak dasar lokomotor nonlokomotor
§
Sifat-sifat bunyi merambat
§
Gagasan pokok dan pendukung
|
|
|
PJOK
|
3.1 Memahami prosedur variasi pola
gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan prosedur variasi pola
gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1 Menjelaskan aturan main Bentengan dan
Gobak Sodor sebagai salah satu bentuk permainan tradisional yang mempraktikan variasi pola gerak dasar lokomotor kesatuan dalam keberagaman
4.2.1 Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca
|
§
Variasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor
|
|
|
|
IPA
|
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan
dan/ atau percobaan
tentang sifatsifat bunyi
|
3.6.2 Menjelaskan sifatsifat bunyi merambat
4.6.2 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifatsifat bunyi merambat
.
|
§
Sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera
pendengaran
|
|
|
|
Pembelajaran 4
|
|
|
||||
Bahasa Indonesia
|
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat
dari teks berdasarkan keterhubungan
antar gagasan ke dalam kerangka tulis
|
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
|
§
Gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
|
§
Membedakan segi banyak beraturan dan tidak beraturan
§
Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks
§
Mendemostrasikan pentingnya persatuan dan kesatuan
Kompetensi Yang Dikembangkan:
Sikap:
§
Peduli, santun
Keterampilan:
§
mengklasifikasikan, mencari informasi, mengomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§
Segi banyak beraturan dan tak beraturan
§
Gagasan pokok dan pendukung
§
Persatuan dan kesatuan
|
|
|
Matematika
|
3.8 Menjelaskan segi banyak beraturan dan
segi banyak tidak beraturan
4.8 Mengidentifikasi segi banyak
beraturan dan segi banyak tidak beraturan
|
3.8.1 Menyebutkan contoh contoh segi banyak
di sekitar.
4.8.1 Menuliskan segi banyak dalam bentuk diagram frayer (contoh, bukan contoh, ciri-ciri dan definisi)
|
§
Segi banyak beraturan dan segi
banyak tidak beraturan
|
|
|
|
PPKn
|
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia
yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial,
dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan
|
3.4.2
Menjelaskan pentingnya sikap persatuan
dan kesatuan dalam keberagaman.
4.4.2
Menemukan contohcontoh sikap persatuan
dan kesatuan dalam keberagaman
di lingkungan
|
§
Berbagai bentuk keberagaman
suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
|
|
|
|
Pembelajaran 5
|
|
|
||||
Matematika
|
3.8 Menjelaskan segi banyak beraturan dan
segi banyak tidak beraturan
4.8 Mengidentifikasi segi banyak
beraturan dan segi banyak tidak beraturan
|
3.8.3
Menjelaskan segi banyak beraturan dan
segi banyak tidak beraturan.
4.8.3
Menyajikan segi banyak beraturan dan
tak beraturan dalam diagram frayer
|
§ Segi banyak
beraturan dan segi banyak tidak
beraturan
|
§
Membedakan segi banyakberaturan dan tidak beraturan
§
Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa)
§
Menyajikan keberagaman yang terdapat di sekitar
Kompetensi Yang Dikembangkan:
Sikap:
§
Santun
Keterampilan:
§
mengklasifikasikan, mencari informasi, mengomunikasikan hasil Pengetahuan:
§
Mengklasifikasikan, mengomunikasikan hasil, olah tubuh
|
|
|
SBdP
|
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari
daerah
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari
daerah
|
3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk
.
4.3.2 Mempraktikkan dasar dasar gerak tari
Bungong Jeumpa dalam posisi
duduk
|
§ Dasar-dasar
gerak tari daerah
|
|
|
|
IPS
|
3.2 Memahami keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia
|
3.2.2 Menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan
4.2.2 Menyajikan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan
|
§ Keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas bangsa Indonesia
|
|
|
|
Pembelajaran 6
|
|
|
||||
PPKn
|
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia
yang terikat persatuan dan kesatuan
.4.4
Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman
suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia
yang terikat persatuan dan kesatuan
|
3.4.1 Mempresentasikan keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia
4.4.1 Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
|
§ Berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan
budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
|
§
Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks
§
Menyajika keberagaman yang terdapat di wilayah sekitar
§
Mempraktikka prosedur gerak dasar jalan, lari, lompat dalam permainan
bentengbentengan dan gobak sodor
Kompetensi Yang Dikembangkan:
Sikap:
§
Santun
§
Keterampilan:
§
Mencari informasi, mengomunikasikan hasil, lokomotor
Pengetahuan:
§
Gagasan pokok dan gagasan pendukung
§
Persatuan dan Kesatuan
§
Gerak dasar lokomotor
|
|
|
Bahasa Indonesia
|
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat
dari teks berdasarkan keterhubungan
antar gagasan ke dalam kerangka tulis
|
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
|
§ Gagasan pokok
dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks lisan, tulis,
atau visual
|
|
|
|
PJOK
|
3.1 Memahami prosedur variasi pola
gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan prosedur variasi pola
gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1 Menjelaskan aturan main Bentengan dan
Gobak Sodor sebagai salah satu bentuk permainan tradisional yang mempraktikan variasi pola gerak dasar lokomotor kesatuan dalam keberagaman
4.2.1 Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca
|
§ Variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor
|
|
|
SILABUS
DAN PROGRAM PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
______________________________
|
Tema
|
:
|
1. Indahnya
Kebersamaan
|
Subtema
|
:
|
2: Kebersamaan
dalam Keberagaman
|
Kelas/Semester
|
:
|
4/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
24 Jam Pelajaran
|
Muatan Pembelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Tanggal
|
|
Program
|
Realisasi
|
|||||
Pembelajaran 1
|
||||||
IPS
|
3.2 Memahami keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa
Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa
Indonesia
|
3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman di kelas
sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman di kelas
sebagai identitas bangsa Indonesia
|
§
Keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama
|
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
§ Melakukan percobaan
§ Mendiskusikan pentingnya kerjasama dan saling menghargai dalam keberagaman
Kompetensi Yang
Dikembangkan
Sikap:
§ Peduli, santun
Pengetahuan:
§ Gagasan pokok dan pendukung
§ Sumber bunyi dan proses terjadinya bunyi
§ Keberagaman agama
Keterampilan:
§ Menemukan informasi, menganalisis dan menyimpulkan, mengomunikasikan hasil
|
|
|
Bahasa
Indonesia
|
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung
yang diperoleh dari
teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat
dari teks
berdasarkan keterhubungan
antar gagasan
ke dalam kerangka
tulis
|
3.1.2
Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.2 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran..
|
§ Gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
|
|||
IPA
|
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera
pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/ atau percobaan tentang sifatsifat
bunyi
|
3.6.4
Mengidentifikasi sumber bunyi
4.6.3
Menyajikan laporan percobaan tentang
sumber bunyi
.
|
§ Sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera
pendengaran
|
|||
Pembelajaran 2
|
||||||
Matematika
|
3.12 Menjelaskan dan menentukan
ukuran sudut pada
bangun datar dalam satuan
baku dengan menggunakan
busur derajat.
4.12 Mengukur sudut pada bangun datar
dalam satuan
baku dengan menggunakan
busur derajat
|
3.12.3 Menentukan besar sudut dalam pada segi banyak
4.12.3
Menjelaskan hubungan banyak sisi dan besar sudut pada segi banyak beraturan
|
§ Ukuran sudut
pada bangun datar dalam satuan
baku dengan menggunakan busur derajat.
|
§ Mendiskusikan pentingnya kerjasama
§ Mengukur sudut
§ Menari tarian daerah (Bongong Jeumpa)
Kompetensi Yang
Dikembangkan
Sikap:
§ Peduli, santun
Keterampilan:
§ Olah tubuh, mengukur, mengomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§ Sudut
§ Kerjasama
§ Pola lantai tari
|
|
|
PPKn
|
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
.4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman
suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
|
3.4.5
Menjelaskan bahwa keberagaman
akan memperkaya ketika bekerjasama.
4.4.5
Menceritakan pengalaman diri
bekerjasama dalam keberagaman
|
§ Bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
|
|||
SBdP
|
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari
daerah
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari
daerah
|
3.3.1 Mengidentifikasi dasardasar gerakan
tari Bungong Jeumpa.
4.3.3
Mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa
dengan formasi dan iringan musik
|
§ Dasar-dasar
gerak tari daerah
|
|||
Pembelajaran 3
|
||||||
PJOK
|
3.1 Memahami prosedur variasi pola
gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan prosedur variasi pola
gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1 Menjelaskan aturan main Bentengan dan
Gobak Sodor sebagai salah satu bentuk permainan tradisional yang mempraktikan variasi pola gerak dasar lokomotor kesatuan dalam keberagaman
4.1.5
Mempraktikan permainan Engklek sebagai
salah satu bentuk permainan tradisional yang mempraktikan variasi pola gerak dasar lokomotor
|
§ Variasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor.
|
§ Melakukan permainan tradisional Bakiak
§ Melakukan percobaan
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
§ Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§ Peduli, santun
Keterampilan:
§ Jalan, menganalisis dan menyimpulkan, menemukan informasi
Pengetahuan:
§ Gerak dasar lokomotor
§ Bagian-bagian indera telinga
§ Gagasan pokok dan pendukung
|
|
|
Bahasa Indonesia
|
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
lisan, tulis, atau visual.
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan
yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
4.1 Menata informasi yang didapat
dari teks berdasarkan keterhubungan
antar gagasan ke dalam kerangka tulis
4.2
Menyajikan hasil penataan
informasi sesuai dengan
keterhubungan antar gagasan ke
dalam tulisan
|
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
|
§ Gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
|
|||
IPA
|
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/ atau percobaan
tentang sifatsifat bunyi
|
3.6.2 Menjelaskan sifatsifat bunyi merambat
4.6.2 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifatsifat bunyi merambat
.
|
§ Sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera
pendengaran
|
|||
Pembelajaran 4
|
||||||
Bahasa
Indonesia
|
3.2 Memetakan keterhubungan antar gagasan
yang didapat dari
teks lisan, tulis, atau visual
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan
|
3.2.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung
4.2.1 Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca
.
|
§ Keterhubungan
antar gagasan yang didapat dari
teks lisan, tulis, atau visual.
|
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks
§ Mendiskusikan pentingnya kerjasama dalam keberagaman
§ Mengukur sudut pada bangun datar
Kompetensi Yang
Dikembangkan
Sikap:
§ Peduli, santun
Keterampilan:
§ Mengukur, Mengidentifikasi, mengomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§ Sudut
§ Kerjasama
§ Gagasan pokok dan pendukung
|
|
|
PPKn
|
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
.4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman
suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
|
3.4.5
Menjelaskan bahwa keberagaman
akan memperkaya ketika bekerjasama.
4.4.5
Menceritakan pengalaman diri
bekerjasama dalam keberagaman
|
§ Bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya
|
|||
Matematika
|
3.12 Menjelaskan dan menentukan
ukuran sudut pada
bangun datar dalam satuan
baku dengan menggunakan
busur derajat.
4.12 Mengukur sudut pada bangun datar
dalam satuan
baku dengan menggunakan
busur derajat
|
3.12.3 Menentukan besar sudut dalam pada segi banyak
4.12.3
Menjelaskan hubungan banyak sisi dan besar sudut pada segi banyak beraturan
|
§ Ukuran sudut
pada bangun datar dalam satuan
baku dengan menggunakan busur derajat
|
|||
Pembelajaran 5
|
||||||
Matematika
|
3.8 Menjelaskan segi banyak beraturan dan
segi banyak tidak
beraturan
4.8 Mengidentifikasi segi banyak
beraturan dan segi banyak
tidak beraturan
|
3.8.6
Membandingkan hasil penaksiran
dan pengukuran sudut- sudut yang terdapatdalam segi banyak pada tangram
.
4.8.6
Menyajikan hasil penaksiran dan pengukuran sudut- sudut yang terdapat dalam segi banyak pada tangram
|
§ Segi banyak
beraturan dan segi banyak tidak
beraturan.
|
§ Mengukur sudut
§ Menceritakan perayaan hari besar agama
§ Menari tarian daerah Bungong Jeumpa
Kompetensi Yang
Dikembangkan
Sikap:
§ Peduli, santun
Keterampilan:
§ Mengukur, mengomunikasikan hasil, olah tubuh
Pengetahuan:
§ Sudut
§ Keberagaman di Wilayah Sekitar
§ Pola Lantai dalam Tari
|
|
|
SBdP
|
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari
daerah
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari
daerah
|
3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk
4.3.2 Mempraktikkan dasar
dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk
|
§ Dasar-dasar
gerak tari daerah
|
|||
IPS
|
3.2 Memahami keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa
Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa
Indonesia
|
3.2.4
Menyajikan informasi tentang keragaman
sosial, di provinsi setempat
4.2.4
Menyajikan informasi tentang keragaman
sosial di provinsi setempat
|
§ Keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas bangsa Indonesia
|
|||
Pembelajaran 6
|
||||||
PPKn
|
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
.4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman
suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
|
3.4.1 Mempresentasikan keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia
4.4.1 Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
|
§ Segi banyak
beraturan dan segi banyak tidak
beraturan.
|
§ Menceritakan pengalaman bekerja sama
§ Meringkas teks “Perbedaan Bukanlah Penghalang”
§ Mempraktikkan gerak dasar jalan dalam permainan bakiak
Kompetensi Yang
Dikembangkan
Sikap:
§ Peduli, santun
Keterampilan:
§ Gerak dasar lokomotor
§ Mengomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§ Kerja sama
§ Meringkas
§ Gerakan
lokomotor dalam permainan bakiak
|
|
|
Bahasa
Indonesia
|
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung
yang diperoleh dari
teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat
dari teks
berdasarkan keterhubungan
antar gagasan
ke dalam kerangka
tulis
|
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1
Menyajikan gagasan utama dan
gagasan pendukung setiap paragraf dari
teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
|
§ Dasar-dasar
gerak tari daerah
|
|||
PJOK
|
3.3 Memahami prosedur variasi pola
gerak dasar jalan,
lari, lompat, dan lempar
melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau
olahraga tradisional.
4.3 Mempraktikkan prosedur variasi pola
gerak dasar jalan,
lari, lompat, dan lempar
melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau
olahraga tradisional.
|
3.3.2 Menjelaskan prosedur variasi pola gerak dasar jalan, lari, lompat melalui permainan bakiak
4.3.2 Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar jalan, lari, lompat melalui permainan bakiak
|
§ Keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas bangsa Indonesia.
|
SILABUS
DAN PROGRAM PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
______________________________
|
Tema
|
:
|
1. Indahnya
Kebersamaan
|
Subtema
|
:
|
3: Bersyukur atas
Keberagaman
|
Kelas/Semester
|
:
|
4/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
24 Jam Pelajaran
|
Muatan Pembelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Tanggal
|
|
Program
|
Realisasi
|
|||||
Pembelajaran 1
|
||||||
IPS
|
3.2 Memahami keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa
Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa
Indonesia
|
3.2.5
Menjelaskan pengalaman sikap
menghargai maknanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2.5
Mengomunikasikan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia
|
§ Keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas bangsa Indonesia.
|
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks lisan.
§ Menceritakan pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman.
§ Melakukan percobaan.
Kompetensi Yang
Dikembangkan
Sikap:
§ Peduli, santun
Pengetahuan:
§ Gagasan pokok dan pendukung
§ Kerjasama
§ Sifat bunyi memantul dan meyerap
Keterampilan:
§ Menemukan informasi, mengomunikasikan hasil, menganalisis dan menyimpulkan
|
|
|
Bahasa
Indonesia
|
3.2 Memetakan keterhubungan antar gagasan
yang didapat dari
teks lisan, tulis, atau visual
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan
|
3.2.2 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks lisan.
4.2.2 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks lisan dalam bentuk peta pikiran.
|
§ Keterhubungan
antar gagasan yang didapat dari
teks lisan, tulis, atau visual
|
|||
IPA
|
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera
pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/ atau percobaan tentang sifatsifat
bunyi
|
3.6.5
Menjelaskan sifat-sifat bunyi memantul
menyerap
4.6.5
Membuat peta pikiran tentang sifat bunyi
memantul dan menyerap.
|
§ Sifat-sifat bunyi
dan keterkaitannya dengan
indera pendengaran
|
|||
Pembelajaran 2
|
||||||
Matematika
|
3.12 Menjelaskan dan menentukan
ukuran sudut pada
bangun datar dalam satuan
baku dengan menggunakan
busur derajat.
4.12 Mengukur sudut pada bangun datar
dalam satuan
baku dengan menggunakan
busur derajat
|
3.12.3 Menentukan besar sudut dalam pada segi banyak
4.12.3
Menjelaskan hubungan banyak sisi dan besar sudut pada segi banyak beraturan
|
§ Menentukan ukuran sudut
pada bangun datar.
|
§ Menemukan hubungan antara sisi dan sudut pada segi banyak beraturan.
§ Menari tarian daerah (Bongong Jeumpa).
§ Mendiskusikan pentingnya kerjasama dalam keberagaman
Kompetensi Yang
Dikembangkan
Sikap:
§ Peduli, santun
Keterampilan:
§ Mengukur, mengkomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§ Sudut
§ Kerjasama
§ Gagasan pokok dan pendukung
|
|
|
PPKn
|
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
.4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman
suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
|
3.4.5
Menjelaskan bahwa keberagaman
akan memperkaya ketika bekerjasama.
4.4.5
Menceritakan pengalaman diri
bekerjasama dalam keberagaman
|
§ Bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
|
|||
SBdP
|
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari
daerah
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari
daerah
|
3.3.1 Mengidentifikasi dasardasar gerakan tari Bungong Jeumpa.
4.3.3
Mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa
dengan formasi dan iringan musik
|
§ Dasar-dasar
gerak tari daerah
|
|||
Pembelajaran 3
|
||||||
PJOK
|
3.1 Memahami prosedur variasi pola
gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan
dalam permainan
bola besar sederhana
dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan prosedur variasi pola
gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan
dalam permainan
bola besar sederhana
dan atau tradisional.
|
3.1.5
Menjelaskan aturan permainan
Engklek sebagai salah satu bentuk permainan tradisional yang mempraktikan variasi pola gerak dasar lokomotor
4.1.5
Mempraktikan permainan Engklek sebagai salah satu bentuk permainan tradisional yang mempraktikan variasi pola gerak dasar lokomotor
|
§ variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor.
|
§ Melakukan permainan tradisional engklek.
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks lisan.
§ Melakukan percobaan.
Kompetensi Yang
Dikembangkan
Sikap:
§ Peduli, santun
Keterampilan:
§ Lompat, menemukan informasi, menganalisis dan
menyimpulkan,
Pengetahuan:
§ Gerak dasar lokomotor
§ Gagasan pokok
dan pendukung
§ Sifat bunyi memantul dan menyerap
|
|
|
Bahasa
Indonesia
|
3.2 Memetakan keterhubungan antar gagasan
yang didapat dari
teks lisan, tulis, atau visual
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan
|
3.2.3
Mengidentifikasi gagasan pokok dan
gagasan pendukung setiap paragraf dari utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks lisan dalam bentuk peta pikiran
.
|
§ keterhubungan antar
gagasan yang didapat dari teks lisan,
tulis, atau visual
|
|||
IPA
|
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera
pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/ atau percobaan tentang sifatsifat
bunyi
|
3.6.5
Menjelaskan sifat-sifat bunyi memantul
menyerap
4.6.5
Membuat peta pikiran tentang sifat bunyi
memantul dan menyerap.
|
§ Sifat-sifat bunyi
dan keterkaitannya dengan
indera pendengaran
|
|||
Pembelajaran 4
|
||||||
PPKn
|
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
.4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman
suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
|
3.4.6
Menjelaskan keberagaman yang ada dari
temantemannya
.
4.4.6
Menceritakan pengalaman diri
bekerjasama dalam perbedaan
|
§ Bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
|
§ Menceritakan pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman.
§ Menemukan jumlah sudut pada segitiga.
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks.
Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§ Peduli, santun
Keterampilan:
§ Mengukur, Menyimpulkan, mengkomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§ Sudut pada segitiga
§ Kerjasama
§ Gagasan pokok dan pendukung
|
|
|
Bahasa
Indonesia
|
3.2 Memetakan keterhubungan antar gagasan
yang didapat dari
teks lisan, tulis, atau visual
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan
|
3.2.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung
4.2.1 Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca
|
§ Keterhubungan
antar gagasan yang didapat dari
teks lisan, tulis, atau visual
|
|||
Matematika
|
3.12 Menjelaskan dan menentukan
ukuran sudut pada
bangun datar dalam satuan
baku dengan menggunakan
busur derajat.
4.12 Mengukur sudut pada bangun datar
dalam satuan
baku dengan menggunakan
busur derajat
|
3.12.4 Mengidentifikasi jumlah besar sudut pada segitiga yang berbeda-beda.
4.12.4 Memberikan
nama segitiga berdasarkan sudutnya
|
§ Menentukan ukuran sudut
pada bangun datar dalam satuan
baku dengan menggunakan busur derajat
|
|||
Pembelajaran 5
|
||||||
Matematika
|
3.12 Menjelaskan dan menentukan
ukuran sudut pada
bangun datar dalam satuan
baku dengan menggunakan
busur derajat.
4.12 Mengukur sudut pada bangun datar
dalam satuan
baku dengan menggunakan
busur derajat
|
3.12.6 Mengidentifikasi hubungan antarsudut pada bangun segiempat.
.
4.12.6
Menyajikan hasil analisis tentang
hubungan antarsudut pada bangun segiempat
|
§ Ukuran sudut
pada bangun datar dalam satuan
baku dengan menggunakan busur derajat..
|
§ Mempresentasikan keragaman sosial dan budaya.
§ Menari tari Bungong Jeumpa.
§ Mengukur sudut.
Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§ Peduli, santun
Keterampilan:
§ Mengukur, olah tubuh, mengomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§ Sudut
§ Gerak dasar tari Bungong Jeumpa
§ Keragaman sosial dan budaya
|
|
|
IPS
|
3.2 Memahami keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa
Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa
Indonesia
|
3.2.4
Menyajikan informasi tentang keragaman
sosial, di provinsi setempat
4.2.4
Menyajikan informasi tentang keragaman
sosial di provinsi setempat
|
§ Keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis
dan agama di provinsi setempat
|
|||
SBdP
|
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari
daerah
|
3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk
.
4.3.2 Mempraktikkan dasar
dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.
|
§ Dasar-dasar
gerak tari daerah
|
|||
Pembelajaran 6
|
||||||
PPKn
|
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
.4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman
suku, bangsa,
sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
|
3.4.2
Menjelaskan pentingnya sikap persatuan
dan kesatuan dalam keberagaman.
4.4.2
Menemukan contohcontoh sikap persatuan
dan kesatuan dalam keberagaman
di lingkungan
|
§ Bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan..
|
§ Menceritakan sikap kerja sama.
§ Meringkas teks lisan Wedang Jahe.
§ Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dalam permainan engklek.
Kompetensi Yang Dikembangkan
Sikap:
§ Peduli, santun
Keterampilan:
§ Gerak dasar lokomotor
§ Meringkas
§ Mengomunikasikan hasil
Pengetahuan:
§ Kerja sama
§ Gagasan pokok dan pendukung
§ Gerak dasar lokomotor
|
|
|
Bahasa
Indonesia
|
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung
yang diperoleh dari
teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat
dari teks
berdasarkan keterhubungan
antar gagasan
ke dalam kerangka
tulis
|
3.1.2
Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.2
Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
|
§ Gagasan pokok
dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks lisan, tulis,
atau visual
|
|||
PJOK
|
3.3 Memahami prosedur variasi pola
gerak dasar jalan,
lari, lompat, dan lempar
melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau
olahraga tradisional.
4.3 Mempraktikkan prosedur variasi pola
gerak dasar jalan,
lari, lompat, dan lempar
melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau
olahraga tradisional.
|
3.3.3 Menjelaskan prosedur variasi pola gerak dasar jalan, lari, lompat melalui permainan engklek
4.3.3 Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar jalan, lari, lompat melalui permainan engklek
|
§ Variasi pola gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga
|
0 Response to "SILABUS DAN PROGRAM PEMBELAJARAN SDN 3 SANCANG "