RPP TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU PEMBELAJARAN 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Pembelajaran 1

Sekolah
:
SDN 3 SANCANG
Muatan Pembelajaran
:
Bahasa Indonesia, IPS, IPA
Tema
:
1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema
:
1: Keberagaman Budaya Bangsaku
Kelas/Semester
:
4/1
Alokasi Waktu
:
1 hari (6 x 35 menit)


A.   Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan  percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang  dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang  dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan  logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak  sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.   Kompetensi Dasar/Indikator.
Muatan Pembelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Ket
Bahasa Indonesia
3.1  Menunjukkan gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual.

4.1  Menata informasi  yang didapat dari  teks berdasarkan  keterhubungan antar  gagasan ke dalam  kerangka tulis
3.1.1  Mengidentifikasi gagasan  pokok dan gagasan  pendukung setiap paragraf  dari teks tulis.

4.1.1  Menyajikan gagasan utama  dan gagasan pendukung  setiap paragraf dari teks  tulis dalam bentuk peta  pikiran.


K3


K4
IPS

3.2  Memahami keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia.

4.2  Menceritakan keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia

3.2.1  Mengidentifikasi  keragaman budaya, etnis,  dan agama dari temanteman di kelas sebagai  identitas bangsa Indonesia

4.2.1  Mengomunikasikan  secara lisan dan tulisan  keragaman budaya, etnis,  dan agama dari temanteman di kelas sebagai  identitas bangsa Indonesia

K3


K4
IPA

3.6  Memahami sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran.

4.6  Menyajikan laporan  hasil pengamatan dan/ atau percobaan tentang  sifat-sifat bunyi

3.6.1  Menjelaskan cara  menghasilkan bunyi.


4.6.1  Menyajikan laporan  pengamatan tentang cara  menghasilkan bunyi.

K3



K4



C.   Tujuan Pembelajaran
1.     Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu  mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap  paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
2.     Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu  menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf  dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3.     Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman  budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas  bangsa Indonesia dengan lengkap.
4.     Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya,  etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia  secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
5.     Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi  dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
6.     Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil  pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di  sekitar dengan sistematis.

D.    Deskripsi Materi Pembelajaran
§  Gagasan  pokok dan gagasan  pendukung yang diperoleh  dari teks lisan, tulis, atau  visual    
§  Keragaman  sosial, ekonomi, budaya,  etnis dan agama di provinsi  setempat sebagai identitas  bangsa Indonesia
§  Sifat-sifat bunyi  dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran

E.   Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembuka
Alokasi Waktu : 25
§  Kelas dibuka dengan kegiatan literasi  yaitu kegiatan rutin kegiatan membaca, menyimak, dan menelaah serta mengapresiasi sebuah buku baik buku fiksi atau non fiksi selama 15 menit.
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang  tujuan dan aktivitas pembelajaran yang akan  dilakukan.

Kegiatan Inti
Alokasi Waktu :
§  Sebelum memulai pembelajaran, guru  menempelkan gambar seorang anak Bali  yang memakai baju tradisional. Di belakang  anak ada rumah tradisional Bali
§  Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan pakaian adat, rumah  tradisional dan makanannya.
§  Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajar  banyak tentang budaya Indonesia
§  Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia. Guru  mengajukan pertanyaan pembuka,
-  siapa di antara kalian yang berasal dari  suku Sunda, Suku Jawa, Suku Minang, dan seterusnya.
§  Siswa secara berpasangan diminta untuk  saling menginformasikan tentang asal suku  mereka kepada teman di sebelahnya
§  Hasil diskusi siswa dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama.
§  Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari  3-4 siswa dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk menghitung  1 sampai 4 secara berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untuk  membentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang sama.
§  Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan mendapatkan  beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaan  yang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar  keragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati.
§  Siswa kemudian diminta untuk menuliskan nomor urut di sebelah kiri pada  setiap paragraf.
§  Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan  tentang isi dari paragraf satu.
§  Setiap kelompok kemudian diminta untuk membacakan hasil diskusi  mereka di depan kelompok yang lain.
§  Siswa dari kelompok lain diminta  untuk memberikan masukan. Setiap siswa diminta mencatat masukan dan  komentar sebagai bahan untuk perbaikan dari hasil diskusi mereka
§  Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru  memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang  biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/  pokok pikiran, dari suatu paragraf.
§  Siswa masih dalam kelompok diminta untuk menemukan gagasan pokok  dan gagasan pendukung paragraf kedua.
§  Setiap kelompok kemudian mengomunikasikan hasilnya kepada kelompok  lainnya. Guru dan siswa dari kelompok lain dapat saling memberikan  masukan untuk mendapatkan jawaban yang tepat.
§  Siswa kembali diingatkan pada kegiatan di awal pembelajaran tentang  keragaman suku dari teman-teman di kelas.
§  Setiap siswa diminta untuk mencari informasi dengan cara mewawancarai  paling sedikit 8 orang teman di kelas. Informasi yang harus dicari adalah  tentang daerah asal dan ciri khas dari daerah tersebut. Siswa menuliskan  informasi pada tabel yang tersedia. Motivasi siswa untuk menemukan  beragam suku yang berbeda dari teman-teman di kelas.
§  Usai kegiatan wawancara, siswa kembali ke tempat duduk masingmasing  untuk mendapatkan pengarahan pada tugas berikutnya
§  Siswa menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling  menghargai yang terdapat di buku secara mandiri.
§  Siswa akan saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan  sikap saling menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara  berpasangan bersama teman di sebelahnya.
§  Siswa dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka menarik
§  Guru menampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah.
§  Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka:
-  Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga dapat  menghasilkan bunyi?
§  Beberapa siswadiminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.
§  Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang cara alat musik  tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb.)
§  Siswa kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan  benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan  sekitarnya.
§  Setiap siswa diminta mengambil lima benda yang ada di kelas dan  sekitarnya. Ingatkan siswa untuk memilih benda-benda yang dapat  menghasilkan bunyi dengan cara yang berbeda
§  Siswa diminta untuk membunyikan benda-benda tersebut dengan cara  yang berbeda.
§  Siswa mengisi tabel yang tersedia berdasarkan hasil eksplorasi.
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan hasil eksplorasi
§  Siswa dibagi dalam kelompok besar yang dapat terdiri dari 8-10 siswa.
§  Siswa dapat menentukan kelompok secara mandiri berdasarkan jenis alat  musik yang disukai.
§  Setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari  beragam benda.
§  Setiap kelompok dapat menampilkan hasil karya ansambel bunyi mereka  secara bergantian.
§  Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan  hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak  didengar.
§  Siswa menyimpulkan kegiatan belajar
Kegiatan  Penutup
Alokasi Waktu :
§  Bersama siswa, guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Termasuk  menekankan sikap syukur, santun, dan percaya diri.
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar.
§  Kegiatan diakhiri dengan merapikan pakaian, peralatan belajar,  kebersihan kelas, yel-yelkelas dan doa bersama


F.    Penilaian
Teknik penilaian :
1.
Penilaian Sikap: Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
2.
Penilaian Pengetahuan:
3.
Penilaian Keterampilan 
Penilaian Unjuk Kerja
§  Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap  paragraf dinilai menggunakan rubrik
§  Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang  keragaman budaya, serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan  rubric
§  Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan tentang  cara menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik

G.    Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
§  Teman-teman di sekolah sebagai  narasumber kegiatan wawancara.
§   Alat musik tradisional daerah masingmasing.
§  Beragam benda di kelas dan sekitarnya

Mengetahui
Kepala Sekolah





__________________________
NIP
Garut, ______________________20__
Guru Kelas 4





__________________________
NIP

0 Response to "RPP TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU PEMBELAJARAN 1"