RPP TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU PEMBELAJARAN 1
—
Kamis, 27 September 2018
—
Add Comment
—
RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Pembelajaran 1
Sekolah
|
:
|
SDN
3 SANCANG
|
Muatan Pembelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia, IPS, IPA
|
Tema
|
:
|
1. Indahnya Kebersamaan
|
Sub
Tema
|
:
|
1: Keberagaman Budaya Bangsaku
|
Kelas/Semester
|
:
|
4/1
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
1
hari (6 x 35 menit)
|
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
|
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
2.
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangga.
|
3.
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
|
4.
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B. Kompetensi Dasar/Indikator.
Muatan
Pembelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Ket
|
Bahasa Indonesia
|
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat
dari teks berdasarkan keterhubungan
antar gagasan ke dalam kerangka tulis
|
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
|
K3
K4
|
IPS
|
3.2 Memahami keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia
|
3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman di kelas
sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman di kelas
sebagai identitas bangsa Indonesia
|
K3
K4
|
IPA
|
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/ atau percobaan
tentang sifat-sifat bunyi
|
3.6.1 Menjelaskan cara menghasilkan bunyi.
4.6.1 Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.
|
K3
K4
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya,
siswa mampu mengidentifikasi gagasan
pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf
dari teks tersebut dengan mandiri.
2. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya,
siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan
gagasan pendukung di setiap paragraf dari
teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3. Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan
keragaman budaya, etnis, dan agama dari
teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa
Indonesia dengan lengkap.
4. Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan
keragaman budaya, etnis, dan agama teman
di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
5. Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara
menghasilkan bunyi dari beragam benda di
sekitar dengan lengkap.
6. Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan
tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.
D. Deskripsi Materi
Pembelajaran
§
Gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
§ Keragaman sosial, ekonomi,
budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia
§ Sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya
dengan indera pendengaran
E. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembuka
|
Alokasi Waktu : 25
|
§ Kelas dibuka dengan kegiatan literasi yaitu kegiatan rutin kegiatan membaca,
menyimak, dan menelaah serta mengapresiasi sebuah buku baik buku fiksi atau
non fiksi selama 15 menit.
|
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Siswa menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan aktivitas pembelajaran yang
akan dilakukan.
|
|
Kegiatan Inti
|
Alokasi Waktu :
|
§ Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali
§ Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan pakaian
adat, rumah tradisional dan
makanannya.
§ Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini
mereka akan belajar banyak tentang
budaya Indonesia
§ Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman
Budaya Indonesia. Guru mengajukan
pertanyaan pembuka,
- siapa di antara kalian yang
berasal dari suku Sunda, Suku Jawa, Suku
Minang, dan seterusnya.
§ Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya
§ Hasil diskusi siswa dibahas secara klasikal dan
disimpulkan bersama.
§ Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok
kecil yang terdiri dari 3-4 siswa
dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk menghitung 1 sampai 4 secara berurutan. Setiap siswa
kemudian diminta untuk membentuk
kelompok berdasarkan nomor urut yang sama.
§ Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka
akan mendapatkan beragam informasi
tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaan yang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak
untuk mengamati gambar keragaman
budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati.
§ Siswa kemudian diminta untuk menuliskan nomor
urut di sebelah kiri pada setiap
paragraf.
§ Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk
menjawab pertanyaan tentang isi dari
paragraf satu.
§ Setiap kelompok kemudian diminta untuk
membacakan hasil diskusi mereka di
depan kelompok yang lain.
§ Siswa dari kelompok lain diminta untuk memberikan masukan. Setiap siswa
diminta mencatat masukan dan komentar
sebagai bahan untuk perbaikan dari hasil diskusi mereka
§ Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan
hasil diskusi, guru memberikan
penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan
utama/ide utama/ide pokok/ pokok
pikiran, dari suatu paragraf.
§ Siswa masih dalam kelompok diminta untuk
menemukan gagasan pokok dan gagasan
pendukung paragraf kedua.
§ Setiap kelompok kemudian mengomunikasikan
hasilnya kepada kelompok lainnya. Guru
dan siswa dari kelompok lain dapat saling memberikan masukan untuk mendapatkan jawaban yang
tepat.
§ Siswa kembali diingatkan pada kegiatan di awal
pembelajaran tentang keragaman suku
dari teman-teman di kelas.
§ Setiap siswa diminta untuk mencari informasi
dengan cara mewawancarai paling
sedikit 8 orang teman di kelas. Informasi yang harus dicari adalah tentang daerah asal dan ciri khas dari
daerah tersebut. Siswa menuliskan informasi
pada tabel yang tersedia. Motivasi siswa untuk menemukan beragam suku yang berbeda dari teman-teman
di kelas.
§ Usai kegiatan wawancara, siswa kembali ke
tempat duduk masingmasing untuk
mendapatkan pengarahan pada tugas berikutnya
§ Siswa menjawab pertanyaan dan mengisi tabel
tentang sikap saling menghargai yang
terdapat di buku secara mandiri.
§ Siswa akan saling berbagi jawaban tentang
pengalaman melaksanakan sikap saling
menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara berpasangan bersama teman di sebelahnya.
§ Siswa dapat mendiskusikan pengalaman yang
menurut mereka menarik
§ Guru menampilkan satu alat musik tradisional
dari daerah asal sekolah.
§ Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan
pembuka:
- Bagaimana cara memainkan alat
musik ini sehingga dapat menghasilkan
bunyi?
§ Beberapa siswadiminta membunyikan alat musik
tersebut di depan kelas.
§ Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang
cara alat musik tersebut dibunyikan.
(dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb.)
§ Siswa kemudian akan melakukan kegiatan
eksplorasi menggunakan benda-benda
yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya.
§ Setiap siswa diminta mengambil lima benda yang
ada di kelas dan sekitarnya. Ingatkan
siswa untuk memilih benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara yang berbeda
§ Siswa diminta untuk membunyikan benda-benda
tersebut dengan cara yang berbeda.
§ Siswa mengisi tabel yang tersedia berdasarkan
hasil eksplorasi.
§ Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan hasil
eksplorasi
§ Siswa dibagi dalam kelompok besar yang dapat
terdiri dari 8-10 siswa.
§ Siswa dapat menentukan kelompok secara mandiri
berdasarkan jenis alat musik yang disukai.
§ Setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu
kombinasi bunyi dari beragam benda.
§ Setiap kelompok dapat menampilkan hasil karya
ansambel bunyi mereka secara
bergantian.
§ Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang
terdapat di buku berdasarkan hasil
kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
§ Siswa menyimpulkan kegiatan belajar
|
|
Kegiatan Penutup
|
Alokasi Waktu :
|
§ Bersama siswa, guru menyimpulkan kegiatan
pembelajaran. Termasuk menekankan
sikap syukur, santun, dan percaya diri.
§ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§ Melakukan penilaian hasil belajar.
§ Kegiatan diakhiri dengan merapikan pakaian,
peralatan belajar, kebersihan kelas,
yel-yelkelas dan doa bersama
|
F. Penilaian
Teknik penilaian :
1.
|
Penilaian
Sikap: Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
|
2.
|
Penilaian
Pengetahuan:
|
3.
|
Penilaian Keterampilan
Penilaian Unjuk
Kerja
§
Tugas
siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik
§
Tugas
siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang keragaman budaya, serta
mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubric
§
Tugas
siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dinilai
menggunakan rubrik
|
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
§ Teman-teman di
sekolah sebagai narasumber kegiatan
wawancara.
§ Alat musik tradisional daerah masingmasing.
§ Beragam benda di
kelas dan sekitarnya
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
__________________________
NIP
|
Garut, ______________________20__
Guru Kelas 4
__________________________
NIP
|
0 Response to "RPP TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU PEMBELAJARAN 1"